Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menggelar bazar untuk mempromosikan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di halaman Kantor Wali Kota setempat.

Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menegah (PPKUKM) Jakarta Barat mengadakan bazar produk UMKM melalui program Belanja Jajanan Jakarta (BAJAJ).

Baca juga: Jakbar gelar bazar pangan murah di beberapa rusun pada Juni ini

"Ada 40 UMKM binaan yang melakukan bazar sejak kemarin hingga 16 Juni 2022," kata Kepala Suku Dinas PPKUMKM Jakarta Barat, Iqbal Idham Ramid saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Iqbal mengatakan kegiatan ini untuk membantu para pelaku UMKM mempromosikan barang dagangan secara terbuka dan gratis.

Dengan demikian, pelaku UMKM bisa meraup untung dari hasil penjualan selama bazar berlangsung karena tidak perlu membayar uang sewa lokasi.

Baca juga: Bazar Kelapa Gading Timur pasarkan fermentasi bawang putih Jakpreneur

Produk yang dijajakan para pelaku UMKM ini pun beragam. Dari mulai kuliner khas daerah seperti cendol, dodol hingga makanan olahan buah durian. Ragam kerajinan tangan seperti kain, kalung dan gelang pun juga dijajakan pada bazar tersebut.

Iqbal menuturkan pasar murah itu berlangsung selama empat hari sejak 13-16 Juni 2022 mulai pukul 14.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Meskipun digelar selama empat hari, namun Iqbal memastikan program tersebut akan terus bergulir di setiap kecamatan wilayah Jakarta Barat.

"Kami juga akan melaksanakan kegiatan membantu memasarkan produk-produk UKM di delapan kecamatàn," ujar dia.

Baca juga: Jakarta Barat gelar bazar sembako murah untuk warga kurang mampu

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022