Jayapura (ANTARA) - Kenius Kogoya terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua periode 2022-2026 dalam Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI setempat di Gedung Sasana Krida, Kantor Gubernur Papua, Selasa.

Pimpinan sidang Musorprov KONI Provinsi Papua George Weyasu di Jayapura, Selasa, mengatakan Kenius terpilih sebagai Ketua Umum KONI setelah mendapat dukungan dari 15 KONI Daerah (Kabupaten) dan 25 pengurus cabang olahraga pada tahapan pendaftaran yang dilakukan tim penjaringan dan penyaringan beberapa waktu lalu.

"Karena satu calon lainnya yakni Decky Kayamen dianggap tidak lolos sebab hanya mendapat satu dukungan sehingga peserta Musorprov secara aklamasi memilih Kenius Kogoya sebagai ketua umum KONI Papua," katanya.

George mengapresiasi pelaksanaan Musorprov yang berjalan sangat tertib dan lancar sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

"Musorprov KONI Papua kali ini menurut kami sangat tertib sehingga semua tahapan bisa dilalui hingga penetapan ketua umum KONI," ujarnya.

Baca juga: Kenius Kogoya calon tunggal ketua umum KONI Papua

Dia menjelaskan Musorprov KONI Papua 2022 juga memilih dua orang anggota tim formatur yakni Yohanis Adi dari KONI Nabire dan George Weyasu dari perwakilan pengurus provinsi (Pengprov) cabang olahraga di Papua.

"Anggota formatur akan mendampingi serta membantu ketua umum KONI Papua terpilih dalam rangka menyusun kepengurusan pada empat tahun ke depan," katanya lagi.

Sementara Ketua Umum KONI Papua terpilih Kenius Kogoya mengatakan akan melanjutkan dasar (pondasi) yang telah ditetapkan oleh pimpinan sebelumnya yakni Lukas Enembe.

"Kami akan melanjutkan apa yang beliau sudah tanamkan yaitu Papua sebagai provinsi olahraga," katanya saat menyampaikan visi dan misi.

Baca juga: KONI dambakan tulang punggung timnas Indonesia dihiasi atlet Papua

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022