Jayapura (ANTARA) - PT. Freeport Indonesia bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua bersepakat melanjutkan kerja sama terkait pembinaan prestasi olahraga para atlet terbaik asal Bumi Cenderawasih tersebut.

Wakil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Jenpino Ngabdi dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Selasa, mengatakan pihaknya berharap agar KONI Papua bisa secepatnya mengajukan permohonan kegiatan dan kerja sama kepada Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia.

"Kami telah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum KONI Papua, Kenius Kogoya di kantor pusat PT Freeport Indonesia di Jakarta, Selasa (2/5) sehingga diharapkan agar KONI Papua segera mengajukan kerja sama," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Papua Kenius Kogoya mengatakan dukungan PT Freeport dalam menopang pembangunan olahraga dan pembinaan atlet-atlet Papua berprestasi tersebut telah diwujudkan melalui dukungan anggaran maupun penyediaan sarana dan fasilitas olahraga.

"Kami tahu bahwa Freeport menjadi sponsor utama tim kebanggaan Papua Persipura Jayapura, selain itu juga menjadi sponsor utama saat PON XX 2021 Papua," katanya.

Menurut Kenius, PT Freeport telah juga membangun venue olahraga di Timika, Papua Tengah bertaraf internasional seperti Mimika Sport Center sehingga itu menunjukkan PT Freeport tetap melanjutkan dukungan untuk pembinaan atlet-atlet terbaik Papua.

Dia menjelaskan dukungan lanjutan dari PT Freeport Indonesia terhadap pembinaan atlet Papua telah berjalan dengan dilaksanakannya Pelatihan Nasional (Pelatnas) Atletik di kompleks Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika.

Selain itu, kata dia, PT Freeport juga bakal memberikan donasi sponsor bagi atlet Papua untuk tampil pada ajang olahraga nasional maupun internasional.

"Jadi dukungan kerja sama Freeport dan KONI Papua ini dalam rangka mengharumkan nama baik Papua dan Indonesia di kancah internasional," ujarnya.

Dia menambahkan PT Freeport Indonesia telah meminta KONI untuk menyiapkan atlet-atlet terbaik Papua untuk berlaga pada ajang domestik dan internasional yang diselenggarakan pada 2023 seperti pra kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara dan SEA Games Kamboja.

"Di mana pada ajang SEA Games Kamboja sebanyak 10 atlet asal Papua akan membela kontingen Indonesia," katanya lagi.

Dia mengatakan KONI Papua dan seluruh atlet serta masyarakat Papua menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PT Freeport Indonesia atas dukungan bagi kelanjutan pembinaan prestasi atlet-atlet terbaik Tanah Papua.

Baca juga: 10 atlet Papua perkuat tim Indonesia di SEA Games Kamboja
Baca juga: KONI Pusat minta tiga DOB Papua prioritaskan cabang olahraga unggulan

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023