Jayapura (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua memastikan sepuluh atlet binaannya dari berbagai cabang olahraga memperkuat tim Indonesia pada SEA Games 2023 di Kamboja, 5-17 Mei.

Ketua Umum KONI Papua Kenius Kogoya dalam siaran pers di Jayapura, Minggu, mengatakan atlet Papua tersebut turun pada cabang olahraga atletik (lempar lembing), renang, bulu tangkis, criket, sepak bola, kunbokator, dan hoki.

"Sebenarnya ada 40 atlet Papua diikutkan dalam seleksi SEA Games Kamboja, namun hanya 10 yang terpilih," katanya.

Kesepuluh atlet tersebut, lanjut Kenius terdiri dari masing-masing satu atlet untuk lempar lembing, renang, sepak bola, kunbokator dan hoki. Sedangkan criket dua atlet dan bulu tangkis tiga atlet.

Baca juga: PB PGI umumkan tujuh pegolf Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja

"Meski hanya 10 atlet kami tetap bersyukur kepada Tuhan, dan semoga mereka dapat berjuang dengan maksimal dan harumkan Indonesia, khususnya Papua,” katanya menambahkan.

Kenius menjelaskan pesta olahraga dua tahunan tersebut sangat di tunggu-tunggu oleh para atlet Papua. Karena selain membawa nama Indonesia, para atlet juga membawa nama Papua.

"Indonesia pada SEA Games Kamboja diperkuat 599 atlet dengan rincian 379 atlet putra dan 220 putri. Mereka turun di 31 cabang olahraga dari 36 cabang yang dipertandingkan," katanya menjelaskan.

Pada SEA Games 2023, tim Indonesia ditargetkan mampu meraih 60 medali emas agar bisa mempertahankan posisi tiga besar pada kejuaraan multi event yang baru pertama kali di gelar di Kamboja itu.

"Atlet terbaik dari 11 negara akan turun, yakni Indonesia, Brunei Darussalam, Timor Leste, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Kamboja sebagai tuan rumah," pungkas Kenius Kogoya.

Baca juga: Menakar potensi lumbung emas Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja
Baca juga: Tim balap sepeda MTB terbang lebih awal guna matangkan persiapan


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023