Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo melakukan serah terima jabatan sebagai Ketua Fraksi PDIP DPR RI kepada Puan Maharani.

Kepada pers usai rapat pleno FPDIP di Jakarta, Selasa, Tjahjo mengaku, dirinya harus konsentrasi penuh sebagai sekjen partai.

Selain itu, katanya, menjelang pemilu legislatif serta Pilpres 2014 tugas kepartaian itu semakin berat.

"Selama tiga tahun bersama saya memimpin fraksi, Puan sudah mempunyai bekal yang cukup untuk melanjutkan kepemimpinan FPDIP selanjutnya. Sementara saya akan berkonsentrasi pada partai," ujar Tjahjo.

Dia mengemukakan bahwa DPP PDIP menilai Puan telah mampu menjalankan tugas-tugasnya sebagai Ketua Fraksi PDIP DPR.

Ia juga menyebut penugasan itu sekadar rotasi biasa di PDIP.

Di tempat yang sama, Puan Maharani menjelaskan bahwa penugasan dirinya sebagai Ketua FPDIP itu terhitung mulai 13 Januari 2012.

Hal tersebut, katanya, semata-mata terkait dengan berbagi tugas dalam menjalankan roda organisasi.

Dia mengakui bahwa untuk menghadapi berbagai agenda politik pada 2014 dibutuhkan konsolidasi, koordinasi, dan komunikasi yang semakin intensif antara DPP PDIP dengan Fraksi PDIP DPR RI.

Puan yang juga putri Megawati Soekarnoputri itu mengatakan bahwa tidak ada pula proyeksi khusus menjelang 2014 atas dirinya terkait rotasi pimpinan Fraksi PDIP kali ini.

"Tidak ada wacana atau penempatan khusus bagi Puan dengan adanya rotasi ini, apalagi jika dikaitkan dengan capres atau cawapres PDIP di 2014. Itu semua merupakan domainnya ketua umum," ujarnya.

Namun demikian, Puan juga mengatakan bahwa dinamika dalam politik itu bisa terjadi secara cepat dengan perubahan tersebut berlangsung dalam hitungan detik demi detik.

Pada kesempatan itu, Puan juga menyatakan bahwa dirinya siap lebih terbuka dengan membuka akses kepada kalangan media untuk berkomunikasi langsung dengan dirinya.

(D011/M029)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012