calon haji harus dapat menjaga kesehatan
Banda Aceh (ANTARA) - Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar berpesan kepada jamaah calon haji (JCH) asal kabupaten itu agar dapat menjaga kesehatan sehingga dapat melaksanakan seluruh ibadah dengan baik di Tanah Suci.

"Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Aceh Tengah, kami mengucapkan selamat kepada seluruh Calon Jamaah Haji yang akan berangkat untuk menunaikan ibadah ke Tanah Suci," kata Shabela Abubakar di Takengon, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela melepas keberangkatan sebanyak 58 calon jamaah haji Kabupaten Aceh Tengah di Gedung Ummi Pendopo setempat.

Ia menjelaskan dengan tetap menjaga kondisi fisik dan kesehatan saat berada di Tanah Suci, maka para jamaah dapat melaksanakan seluruh tahapan ibadah dengan lancar.

Baca juga: Calon haji Aceh meninggal di pesawat berangkat dalam keadaan sehat
Baca juga: Dinkes minta JCH Aceh banyak minum air putih cegah dehidrasi

Menurut dia selain ancaman COVID-19 yang belum mereda, para jamaah calon haji juga akan menghadapi kondisi cuaca berbeda di Arab Saudi, sehingga harus dapat menyesuaikan diri dengan tetap menjaga kondisi kesehatan.

"Semua jamaah calon haji harus dapat menjaga kesehatan supaya tetap prima, karena akan berhadapan dengan cuaca yang sangat berbeda dengan kondisi iklim di Indonesia, khususnya dengan kondisi keseharian yang kita dapati di Kabupaten Aceh Tengah," katanya.

Ia menambahkan jamaah calon haji asal Dataran Tinggi Gayo tersebut tergabung dalam kloter dua Embarkasi BTJ Aceh yang dijadwalkan menuju Jeddah Arab Saudi pada Kamis (16/6) melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Banda Aceh.

Pada musim haji tahun ini, Embarkasi Aceh akan memberangkatkan sebanyak 2.023 orang terdiri dari JCH 1.992 orang dan 31 petugas. Semua jamaah akan diterbangkan dalam enam kloter, masing-masing kloter 393 orang terdiri atas lima kloter penuh dan satu kloter campuran.

Baca juga: Usai dua hari di Mekkah, jamaah Aceh bakal terima wakaf Baitul Asyi
Baca juga: 393 calon haji Aceh kloter pertama diterbangkan ke Tanah Suci
Baca juga: Dinkes: Hipertensi dominan diderita calon haji Aceh Timur

 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022