Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama melaporkan sebanyak 32.732 calon haji Indonesia telah diberangkatkan ke Tanah Suci hingga hari ke-12 operasional pemberangkatan jamaah gelombang pertama.

"Total jamaah calon haji yang telah diberangkatkan ke tanah suci sebanyak 32.732 orang," kata Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kementerian Agama Akhmad Fauzin saat memberikan keterangan Pers di Jakarta, Kamis.

Fauzin mengatakan dari jumlah tersebut sekitar 8.700 calon haji yang telah menyelesaikan arbain (shalat 40 waktu) di Masjid Nabawi, Madinah dan sudah diberangkatkan ke Mekkah. Mereka tergabung dalam 22 kelompok terbang (kloter).

Menurutnya, proses pemberangkatan jamaah calon haji Indonesia gelombang satu menuju Madinah masih akan berlangsung hingga 18 Juni 2022. Sementara hari ini, sebanyak 3.249 orang kembali diberangkatkan ke Madinah.

Baca juga: Kemenag pastikan layanan bus shalawat beroperasi 24 jam

Baca juga: Sri Yuniarsih jadi calon haji termuda Kloter I Embarkasi Makassar


"Mereka tergabung dalam delapan kloter dari tujuh embarkasi," kata dia.

Adapun tujuh embarkasi itu yakni 360 orang berangkat dari Embarkasi Banjarmasin (BDJ), 450 orang dari Embarkasi Batam (BTH), 393 orang dari Embarkasi Aceh (BTJ), 393 orang dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG).

Lalu, 393 orang dari Embarkasi Medan (MES), 360 orang dari Embarkasi Solo (SOC), dan dua kloter dari Embarkasi Surabaya (SUB) dengan total jamaah mencapai 900 orang.

"Terkait data jamaah sakit, sebanyak 68 orang. 60 orang rawat jalan dan tujuh orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan satu orang dirawat di RSAS Al Noer Makkah. Dan jamaah wafat sebanyak lima orang," kata dia.*

Baca juga: Calon haji asal Cianjur meninggal di Madinah

Baca juga: Tiga calon haji Aceh batal berangkat ke Tanah Suci karena sakit

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022