Makassar (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar memberangkatkan 393 jamaah calon haji (JCH) dari tiga daerah di Provinsi Sulawesi Selatan ke Tanah Suci di Arab Saudi.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Selatan Ikbal Ismail di Makassar, Sabtu mengatakan ke-393 JCH itu berasal dari tiga daerah yakni Gowa, Sidrap dan Maros.

"Setelah melalui pemeriksaan akhir di pemondokan asrama haji selama 24 jam, jamaah calon haji kita berangkatkan ke tanah suci," ujarnya.

Sebelum melepas rombongan kloter 2, Iqbal Ismail mengingatkan bahwa jamaah haji adalah tamu Allah di tanah suci. JCH diharapkan untuk menjaga kebersamaan, menjaga persatuan dan menjaga kekompakan.

"Bapak dan ibu tergabung dalam satu kloter bukan lagi atas nama kabupaten Gowa, Sidrap atau Maros. Bapak Ibu sekarang adalah kloter 2 Embarkasi Makassar, jaga kekompakan dalam regu, rombongan dan kloter. Ikuti aturan Saudi, ikuti aturan yang disampaikan. Ada ketua kloter dan ketua regu, ikuti apa yang disampaikan oleh mereka," katanya.

Selain itu, Ikbal Ismail menekankan kepada JCH untuk makan sebelum lapar, minum sebelum haus untuk menjaga kesehatan bapak ibu jangan hanya fokus beribadah tapi lupa makan dan minum.

Ia pun berharap para jamaah dapat mengoptimalkan ibadah di tanah suci dan pulang mendapatkan haji mabrur serta menjaga nama baik bangsa dan rombongan kloternya.

Kloter 2 embarkasi Makassar berjumlah 393 orang yang terdiri dari tiga kabupaten. 195 dari Kabupaten Gowa, 116 jamaah Kabupaten Sidrap dan 78 dari kabupaten Maros.

Kloter ini dipimpin oleh ketua kloter Muhammad Asta Umar dengan pembimbing ibadah Muhammad Muin Yunus didampingi oleh dua petugas kesehatan Hasnaenu dan Asriyani. Adapun petugas daerah adalah Sri Rejeki Soedibyo dan Zulkifli Hijaz

Jamaah haji kloter 2 akan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA1102 melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada pukul 10.30 WITA, dan diperkirakan akan tiba di bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz Madinah pada pukul 18.10 Waktu Arab Saudi.
Baca juga: Sri Yuniarsih jadi calon haji termuda Kloter I Embarkasi Makassar
Baca juga: JCH termuda di Sulsel dari kabupaten Sinjai
Baca juga: Kemenag sebut estimasi daftar tunggu haji Luwu Timur-Sulsel 30 tahun

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022