Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), menyatakan kondisi jamaah haji Kloter 2 yang telah tiba di tanah suci Mekkah dalam keadaan sehat.

"Semua jamaah Kloter 2 yang telah berada di Mekah dalam keadaan sehat," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Lombok Tengah, H Lalu Samsul Hadi di Praya, Selasa.

Sementara itu, untuk kondisi para jemaah yang belum diberangkatkan menuju tanah suci Mekkah saat ini tetap ada dalam keadaan sehat.

"Semoga semua jamaah kita dalam keadaan sehat. Mari kita berdoa bersama," katanya.

Baca juga: Bupati Jember imbau jamaah calon haji selalu jaga kesehatan

Baca juga: Enam kloter dari Sektor 4 Madinah diberangkatkan ke Mekkah


Ia juga mengimbau kepada para jamaah yang belum berangkat supaya tetap menjaga kesehatan hingga setelah tiba di tanah suci Mekkah supaya bisa melaksanakan ibadah haji sesuai dengan syariat Islam.

"Intinya kita minta para jamaah menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri dengan baik, supaya lancar dalam melaksanakan ibadah haji," katanya.

Jumlah kuota haji di Kabupaten Lombok Tengah yang diberangkatkan di 2023 ini mencapai 932 orang untuk reguler dan cadangan.

Kuota haji untuk Kabupaten Lombok Tengah itu awalnya mencapai 844 orang dan petugas sebanyak 94. Namun Lombok Tengah mendapatkan tambahan kuota haji, sehingga jumlah yang diberangkatkan itu mencapai 932 orang.

"Dari 932 itu, sebanyak 60 orang cadangan bisa diberangkatkan ke tanah suci Mekkah," katanya

Keberangkatan jamaah Lombok Tengah dibagi menjadi empat kloter yakni Kloter 2, Kloter 9, Kloter 11 dan Kloter 12," katanya. Sedangkan jadwal keberangkatan jamaah yang masuk kloter utuh sebanyak 393 orang atau Kloter 2 mulai masuk asrama haji tanggal 7 Juni dan diberangkatkan ke Madinah, Arab Saudi tanggal 8 Juni 2023.

Kemudian, Kloter 09 sebanyak 237 orang tergabung dengan rombongan haji asal Lombok Barat masuk asrama haji tanggal 16 Juni dan diberangkatkan tanggal 17 Juni.

"Kloter 11 sebanyak 138 orang tergabung dengan jamaah dari Mataram dan Dompu masuk asrama tanggal 19 Juni dan diberangkatkan tanggal 20 Juni. Sedangkan Kloter 12 sebanyak 85 orang masuk asrama tanggal 20 Juni dan diberangkatkan tanggal 21 Juni 2023," katanya.

"Jamaah Lombok Tengah terbagi menjadi empat kloter yakni kloter dua yang merupakan kloter utuh direncanakan akan berangkat pada 7 Juni dan 16 Juni. Dua kloter campuran akan berangkat 11 Juni dan 20 Juni," katanya.*

Baca juga: 351 calon haji Kloter 20 berangkat ke Jeddah

Baca juga: Sebanyak 75 kloter jamaah Indonesia masih berada di Madinah

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023