Jakarta (ANTARA News)- Perusahaan tambang emas asal Amerika Serikat, PT Freeport Indonesia, mengumumkan direktur baru yang dijabat Rozik B Soetjipto menggantikan Armando Mahler.

Dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Jumat, pergantian posisi direktur itu untuk memperkuat hubungan dengan para pemangku kepentingan.

Rozik dalam menjalankan tugasnya akan dibantu oleh Komite Eksekutif yang diketuai Chief Executive Freeport-McMoran Copper & Gold, Richard Adkerson. Sementara Armando Mahler, menjabat penasehat senior yang duduk di dalam komite eksekutif.

Direktur PT Freeport Indonesia, Rozik B Soetjipto, mengatakan manajemen baru itu memungkinkan pihaknya untuk memperbaharui komitmen untuk mengoperasi tambang secara Grasberg secara aman, efisien, dan berkelas dunia agar dapat bermanfaat bagi karyawan, masyarakat setempat dan negara.

Rozik duduk dalam jajaran Dewan Komisaris PT Freeport Indonesia sejak 2000. Rozik merupakan lulusan teknik pertambangan ITB, serta mengantongi gelar doktor di bidang teknik metalurgi dari Katholieke Universiteit Leuven di Belgia.

Rozik juga pernah menduduki berbagai jabatan senior di beberapa Departemen Pertambangan dan Energi, termasuk sebagai Direktur Jenderal Pertambangan pada 1998-1999 dan Menteri Negara Pekerjaan Umum pada 1999-2000. (I025)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012