Semarang (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Australia sepakat meningkatkan kerja sama dalam bidang ketahanan kesehatan dan pencegahan penyakit.

"Kerja sama ini diharapkan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk adanya fasilitas untuk merekam aktivitas seluruh Puskesmas di Jateng dalam satu aplikasi," kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen di Semarang, Minggu.

Menurut Wagub, aplikasi tersebut, semakin mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas yang tersebar di 35 kabupaten/kota se-Jateng.

Baca juga: Ketua DPD dorong IDI siapkan peta jalan ketahanan nasional kesehatan

Baca juga: Wamenkes: COVID-19 beri pelajaran ketahanan sektor kesehatan penting

Wagub mengungkapkan Pemerintah Australia juga menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada Pemprov Jateng atas beberapa program dalam upaya penanganan COVID-19, seperti Program Jogo Tonggo, Jogo Ternak, Jogo Konco, dan Program Jogo Pasar.

Selain itu, juga program layanan kesehatan bagi masyarakat lanjut usia dan penyandang disabilitas pada beberapa kabupaten di Provinsi Jateng.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Australia, banyak bantuan yang telah dikirim ke Indonesia, khususnya di Jateng. Kami juga berterima kasih telah ditunjuk sebagai salah satu provinsi untuk bekerja sama dengan Australia," ujarnya.

Sekretaris Pertama Bidang Kesehatan Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia Prudence Borthwick mengatakan Pemerintah Australia mengapresiasi dukungan dan kerja sama yang telah dilakukan antara pihaknya dengan Pemprov Jateng, di antaranya kerja sama Program Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) atau ketahanan kesehatan.

"Selain AIHSP, kami juga mendukung Pemerintah Jawa Tengah melalui program-program kami, seperti Program Penyedia Air Minum dan Sanitasi berbasis masyarakat atau Pamsimas yang ada di 31 kabupaten di Jateng, untuk meningkatkan kualitas layanan air dan sanitasi," katanya usai bertemu Wagub Jateng.

Baca juga: Meningkatkan ketahanan kesehatan melalui konsumsi ikan

Kerja sama lainnya, lanjut dia, adalah program penanganan COVID-19 dan memperkuat ketahanan kesehatan masyarakat, serta program yang berfokus penurunan kemiskinan melalui kerja sama dengan pemerintah daerah, seperti Pekalongan, Pemalang, dan Brebes.

Ada juga program peningkatan gender dan kelompok rentan lain, serta program yang berfokus untuk mendukung petani dengan perintah dan sektor swasta. "Kami berharap, ke depan Pemerintah Australia dapat terus bekerja sama dengan Pemprov Jateng di berbagai bidang," ucapnya.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022