Lebak (ANTARA News) - Suhu udara siang hari di Provinsi Banten selama tiga hari ke depan diprakirakan 32 derajat Celsius," kata Hadiyanti, Koordinator Unit Analis Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang, Minggu.

Ia memprakirakan suhu udara siang hari itu antara 25 sampai 32 derajat Celcius sehingga terik matahari tidak begitu panas.

Kemungkinan suhu udara tersebut berlangsung hingga awal Februari 2012 karena peluang hujan cukup tinggi masih terjadi.

Suhu udara 25-32 derajat Celcius terjadi di wilayah Kabupaten Lebak, Pandeglang, Serang, Cilegon, Merak, Anyer, Carita, dan Labuan.

Selain itu, cuaca pagi hingga siang hari berawan dan sore hari berpeluang hujan.

Menurut dia, potensi hujan cukup tinggi akibat adanya penumpukan awan di perairan Indonesia.

Namun, intensitas curah hujan sedang dan tidak menimbulkan banjir di sejumlah daerah di Banten.

Curah hujan sedang disertai tiupan angin kencang, sehingga berpotensi terjadi angin puting beliung, terutama wilayah Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

"Saya minta jika hujan sore hari disertai angin kencang agar meningkatkan kewaspadaan untuk menghindari korban jiwa," katanya mengingatkan.

Sementara ketinggian gelombang laut di perairan Banten bagian selatan berkisar 1,5 sampai 4,0 meter dan bergerak dari barat dan angin timur laut dengan kecepatan angin rata-rata 40 kilometer per jam atau 20 knot.

Ketinggian gelombang Selat Sunda bagian utara perairan Merak-Bakauheni bekisar antara 1,0-2,5 meter dengan kecepatan angin 40 km per jam.

"Selama ini nelayan dan kapal tongkang di perairan Banten diminta waspada jika melaut karena tinggi gelombang mencapai empat meter dan angin 20 knot," ujarnya. (MSR/Y006)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012