Washington (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Sedikitnya sembilan orang tewas, dalam tabrakan berantai di jalan raya bebas hambatan di negara bagian Florida, AS, akibat kabut tebal dan asap dari kebakaran semak, demikian laporan media setempat Ahad (29/1).

Sebanyak 18 orang lagi cedera dalam serangkaian tabrakan, yang terjadi sekitar pukul 03:40 di jalan raya antarnegara bagian I-75 di sebelah selatan Gainesville, Florida utara.

Korban cedera telah dibawa ke beberapa rumah sakit Gainesvilee untuk dirawat, kata laporan media.

Beberapa mobil masih terbakar Ahad pagi, sementara petugas pemadam berusaha memadamkan api dengan menyemprotkan busa, kata Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin pagi. Semua tiga jalur di kedua bagian jalan raya bebas hambatan tersebut ditutup Ahad pagi, saat para penyelidik mulai meneliti penyebab sesungguhnya tabrakan berantai itu.

Florida Highway Patrol (FHP) sempat menutup jalan raya bebas hambatan tersebut, sebelum kecelakaan akibat kabut dan asap tebal dari kebakaran semak di daerah Paynes Prairie, sebelah selatan Gainesville.

Namun jalan raya tersebut dibuka kembali setelah daya pandang agak membaik.

Petugas FHP Patrick Riordan sebagaimana dikutip media setempat mengatakan itu adalah kecelakaan terburuk yang pernah ia saksikan selama 27 tahun karirnya di FHP.

Ia menyatakan ia tak tahu seberapa cepat kecelakaan pertama terjadi setelah dibukanya kembali jalan raya bebas hambatan antar-negara bagian I-75.

(C003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012