Jakarta (ANTARA) - Era Industri 4.0 tidak dapat kita hindari, di mana imbas atau efeknya sudah mulai terasa. Industri di Indonesia akan mengarah pada Indonesia 4.0, sehingga menuntut untuk mengalami sebuah perubahan yang harus dihadapi secara terbuka. Digitalisasi industri dan inovasi berbasis teknologi yang sustainable harus disikapi dan didukung secara positif. Sejak peluncuran holding BUMN Industri Pertahanan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 April 2022 yang diberi nama DEFEND ID, PT PAL Indonesia terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya dengan salah satunya melakukan transformasi industri 4.0.

PT PAL Indonesia menunjukkan komitmennya dalam melakukan transformasi industri 4.0, terlihat pada 20 Mei 2022, CEO PT PAL Indonesia Bapak Kaharuddin Djenod resmi memperkenalkan realisasi tahap I Transformasi Industri Maritim 4.0 yaitu fase “Go Live”. Dalam tahap I atau Go Live ini meliputi Project Management Module, Manufacture/ Production Module, Procurement Management Module, Warehouse Management Module, dan Dashboard.

Pelantikan Pejabat Struktural PT PAL Indonesia

Transformasi sendiri merupakan major shifting di PT PAL Indonesia, dengan meliputi berbagai aspek yakni people, process, & technology. Dalam aspek people sendiri, Jajaran Direksi PT PAL Indonesia melakukan langkah strategis dengan melakukan perombakan pada jajaran pejabat structural dan fungsional guna akselerasi proses transformasi industri 4.0, juga sebagai langkah strategis perusahaan dalam mencapai target-target & upaya penyegaran organisasi. Sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan Menteri BUMN Erick Thohir kepada generasi millennial, PT PAL Indonesia melantik pejabat structural dari kalangan millennial dengan batas usia maksimum 40 tahun.

Adalah Mujizat Alam, millennial berusia 26 tahun ini menjadi salah satu millennial yang dilantik menjadi pejabat struktural. Pria kelahiran Bandung tahun 1995 ini dilantik sebagai Kepala Kantor Perwakilan PT PAL Indonesia di DKI Jakarta dan menjadi Pejabat Struktural paling muda di perusahaan pelat merah itu. Beberapa generasi muda di bawah 40 tahun yang menjabat sebagai pejabat struktural di antaranya Rariya Budi Harta sebagai Sekretaris Perusahaan, M. Yahya Pratama sebagai Kepala Divisi Production Management Office, Ima Vida Virgianti sebagai Kepala Divisi Supply Chain, Chabibi Nur T sebagai Kepala Divisi Desain, Emira Noor SO sebagai Kepala Departemen MPD dan Rayssa Audryn Firdauzy sebagai Kepala Sekretariat Umum.

Alam diangkat menjadi Kepala Kantor Perwakilan Jakarta melalui surat pengangkatan dari Chief Executive Officer (CEO) PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod tanggal 10 Juni 2022 lalu. Jajaran Direksi PT PAL Indonesia menunjukkan kepercayaan pada generasi millennial untuk dapat mengakselerasi proses transformasi industri 4.0 di perusahaan. Kantor Perwakilan Jakarta pun diharapkan akan mampu menguatkan proses bisnis dari kantor pusat di Surabaya.

“Amanah yang sangat besar namun harus dijawab dengan penuh tanggung jawab dan kerja keras menjalaninya. Saya juga ucapkan terimakasih atas amanah yang diberikan oleh jajaran direksi PT PAL Indonesia. Saya yakin dengan manajemen SDM yang baik akan menciptakan lingkungan kerja yang efektif dan efisien sehingga kantor perwakilan Jakarta dapat membantu dalam menguatkan proses bisnis yang dijalankan kantor pusat dan mampu membantu proses kerjasama antara PT PAL Indonesia dengan mitra kerja strategis baik Pemerintah maupun non-Pemerintah” ujar Mujizat Alam saat diwawancarai melalui telepon oleh Antara News pada 21 Juni 2022.

Sebelum menjabat, Alam mengawali karir di perusahaan pelat merah tersebut sebagai procurement analyst di Divisi Supply Chain kemudian pernah juga sebagai corporate communication di Divisi Sekretaris Perusahaan. Berbagai prestasi pernah ditorehkannya, seperti Juara 1 Lomba PAL Innovation Summit 2021 pada kategori "Thematic Innovation" dan Finalis BUMN Millennial Innovation Summit 2020. Tercatat, di tahun 2022 ini pun Alam akan memulai menempuh program magister manajemen industri di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Pria yang meraih gelar sarjana kelautan dari Universitas Padjadjaran pada 2017 ini, selain bekerja di perusahaan pelat merah tersebut, juga memiliki NGO yang bergerak di bidang riset kelautan, yaitu Yayasan Alam Putra Bahari (Dikenal sebagai Yayasan National Oceanographic) dengan No. Register AHU-000867.AH.01.04 yang telah berdiri sejak tahun 2017. Alam sering diundang untuk menjadi pembicara di beberapa kampus di Indonesia seperti Universitas Al Azhar, Universitas Padjadjaran, Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya dll.

PT PAL Indonesia benar-benar menunjukkan komitmen dalam mendukung regenerasi kepemimpinan terutama terhadap millennial untuk dapat mengemban posisi strategis perusahaan. Hal ini pun sejalan dengan komitmen dari Kementerian BUMN yang memberikan kesempatan untuk generasi muda dapat menjadi direktur di perusahaan BUMN.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022