Jakarta (ANTARA) - Penulis Endang Tirtana mempersembahkan buku bertajuk “Jokowi Manusia Arena” sebagai hadiah untuk hari ulang tahun (HUT) Presiden Joko Widodo yang merupakan bentuk apresiasi kepada Jokowi selama memimpin Indonesia.

"Selamat ulang tahun, Pak Jokowi. Buku ini dipersembahkan untuk kepemimpinan Bapak yang telah menginspirasi banyak anak muda di negeri ini untuk terlibat aktif dalam politik dan pemerintahan," kata Endang dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Endang Tirtana yang juga merupakan seorang peneliti senior di Maarif Institute For Culture and Humanity mengatakan bahwa kemenangan Jokowi pada Pemilu 2014 dan 2019 lalu adalah refleksi mendalam dari kehendak batin rakyat bahwa seorang pemimpin harus hidup dan bekerja bersama rakyat.

Menurut Endang, rakyat melihat hal itu dalam ucapan dan laku Jokowi.

"Meskipun penampilannya amat sederhana, Jokowi terbilang istimewa dalam mewujudkan pemerataan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Komisaris PT Kereta Api Indonesia (KAI) ini.

Dia mengatakan bahwa Jokowi telah berhasil menggeser alam pikir politik Indonesia dari Jawa-sentris menjadi Indonesia-sentris. Hasilnya, rakyat telah menikmati berbagai pembangunan infrastruktur yang telah dilakukannya hampir merata di seluruh negeri.

"Selama kepemimpinannya, Jokowi selalu menerima setiap kritik dari mana pun, termasuk orang-orang yang selalu mempertanyakan kemampuan dan kepemimpinannya," ucapnya menjelaskan.

Endang menambahkan, kecintaan Jokowi pada Indonesia telah melampaui egonya.

“Sehingga, yang tersisa hanya ketulusan dan keikhlasan dalam memimpin bangsa ini,” kata Endang.

Hari ulang tahun ke-61 Presiden RI Joko Widodo jatuh pada 21 Juni 2022. Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, DPP PDI Perjuangan memberikan kejutan berupa nasi tumpeng kepada Presiden Joko Widodo ketika menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Tahun 2021 di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengucapkan terima kasih dan memberikan potongan tumpeng yang pertama kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Baca juga: Jokowi serahkan potongan pertama tumpeng HUT kepada Megawati

Baca juga: Presiden Jokowi bertolak ke Kalimantan Timur

Baca juga: Peneliti Maarif Institute: Empat kunci agar normal baru dapat berjalan

 

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022