Dalam visi misi wali kota kan penekanannya budaya. Solo menuju kota modern tapi tumpuannya tetap pada budaya
Solo (ANTARA) - Pemerintah Kota Surakarta tengah getol mempromosikan Keraton Solo atau Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai lokasi penyelenggaraan MICE atau pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran.

"Dalam visi misi wali kota kan penekanannya budaya. Solo menuju kota modern tapi tumpuannya tetap pada budaya," kata Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa usai pembukaan Munas XXI Asbanda Tahun 2022 di Sasana Handrawina Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo, Kamis.

Ia mengatakan selama ini hampir seluruh kegiatan diselenggarakan di hotel dan restoran. Oleh karena itu, pihaknya mengawali dengan kegiatan Asbanda agar diselenggarakan di Keraton Solo.

"Waktu saya sampaikan ke pak Nano (Ketua Umum Asbanda Supriyatno), seandainya Asbanda mau munas di sini saya tembungke (sampaikan) ke keraton, agar bisa masuk ke dalam keraton dan rapat di dalam keraton," katanya.

Ia mengatakan kegiatan Asbanda yang akhirnya diselenggarakan di dalam keraton tepatnya di Sasana Handrawina merupakan momentum tepat mengingat anggota Asbanda berasal dari seluruh Indonesia.

"Dengan begitu para tamu bisa tahu keraton, tahu Solo seperti apa. Sentuhan itu yang ingin kami sampaikan, ini di luar tarian, di luar UMKM. Tujuannya untuk memaknai nguri-uri budaya," katanya.

Ia mengatakan langkah tersebut juga sesuai dengan visi misi Bank Pembangunan Daerah (BPD) yakni sebagai penggerak pembangunan di daerah masing-masing.

"Efeknya ketika keraton dapat sesuatu itu akan luar biasa. Nanti sebentar lagi juga akan ada G20," katanya.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Supriyatno mengaku baru pertama kali masuk ke bagian dalam Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan merasa terkesan dengan kentalnya budaya yang ada.

"Kami juga siap ikut nyengkuyung Keraton Solo," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Investasi juga mulai menyiapkan pelaksanaan pertemuan kedua Forum Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) di Kota Solo pada 4-7 Juli 2022.

Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Riyatno mengatakan beberapa tempat pelaksanaan rangkaian acara Presidensi G20 yang disiapkan di antaranya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Pendhapi Gede Balai Kota Surakarta, dan Hotel Alila.

Baca juga: Ketua DPD RI sebut Kasunanan Surakarta merupakan aset bangsa Indonesia

Baca juga: Gibran gandeng Kementerian PUPR koordinasi revitalisasi Keraton Solo

Baca juga: Kerabat Keraton Solo revitalisasi Pesanggarahan Langenharjo

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022