JCH Maluku tahun 2022 berjumlah 490 orang dan 54 panitia diberangkatkan menuju Makassar menggunakan tiga pesawat Lion Air
Ambon (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon melayani pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Provinsi Maluku sebagai pengumpan ke Bandar Udara Internasional Hasanuddin di Makassar.

"Kami kembali melayani JCH setelah dua tahun tertunda karena pandemi COVID-19," kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon Pribadi Maulana di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan pemberangkatan JCH merupakan wujud kerja sama PT Angkasa Pura I (Persero) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku.

Baca juga: Kemenag: 2023 embarkasi disiapkan dari Maluku langsung ke Arab Saudi

JCH Maluku tahun 2022 berjumlah 490 orang dan 54 panitia diberangkatkan menuju Makassar menggunakan tiga pesawat Lion Air.

Pemberangkatan dilakukan bertahap diawali
215 calon haji menggunakan maskapai Lion Air jenis pesawat B739ER/738 dengan nomor penerbangan JT5791 pada pukul 07.31 WIT.

Tahap kedua sebanyak 205 calon haji dan panitia menggunakan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT5881 pada pukul 08.09 WIT.

Terakhir sebanyak 70 calon haji menggunakan pesawat Lion Air jenis pesawat B739/738 dengan nomor penerbangan JT791 pada pukul 08.55 WIT.

Baca juga: Rabu, jamaah calon haji Maluku wajib masuk Asrama Haji Waiheru

Ia menyatakan dalam pelepasan JCH pihaknya berupaya memberikan pelayanan dan kemudahan bagi para pengantar yaitu berupa penyediaan layanan live streaming yang terbagi di dua lokasi yaitu di Ruang Tunggu Terminal Penumpang dan Hall Kedatangan Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon.

Di lokasi tersebut juga disediakan tempat duduk dan makanan ringan dengan kuota maksimal 100 pengantar.

"Bagi para pengantar JCH yang ingin melihat pesawat secara langsung, dapat menyaksikan live streaming dari Ruang Tunggu Terminal Penumpang. Sedangkan di Hall Kedatangan, dapat menyaksikan live streaming melalui layar yang telah disediakan," katanya.

Baca juga: Enam calon haji Maluku mutasi ke daerah lain

Ia menambahkan, pemberangkatan kali ini sedikit berbeda yakni biasanya diberangkatkan dari Terminal VIP Bandar Udara Internasional Pattimura, bukan dari Terminal Umum.

"Kami merasa bangga dapat mendukung dan melayani JCH Provinsi Maluku tahun 2022," katanya.

Baca juga: Pra embarkasi antara masih diterapkan bagi 496 jamaah haji Maluku 2022

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022