Bandung (ANTARA) -
Organisasi Paguyuban Pasundan mendeklarasikan Komunitas Dosen Penulis dan Peneliti Indonesia (Kodepena) dalam rangka rangkaian acara HUT ke-109 atau Mapag Milangkala Paguyuban Pasundan ke-109, di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu.
 
"Tentunya saya menyampaikan apresiasi tinggi akan hadirnya Kodepena untuk meningkatkan kualitas dosen dan peneliti dalam membangun Indonesia," kata Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan Prof Dr HM Didi Turmudzi, di sela-sela acara yang berlangsung secara hibrida di Gedung Paguyuban Pasundan Jalan Sumatra Kota Bandung.
 
Selain itu, pada acara tersebut juga dilaksanakan Seminar Nasional Kodepena, sekaligus pengukuhan pengurus DPP Kodepena.
 
Prof Didi Turmudzi yang juga Ketua Dewan Penasehat Kodepena mengatakan semenjak berdiri, Pengurus Besar Paguyuban pasundan memiliki misi untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat dan juga misi untuk meminimalisir kemiskinan serta ketertinggalan di bidang pendidikan.

Baca juga: Paguyuban Pasundan: Eril bisa jadi panutan generasi muda

Baca juga: Unpas-Paguyuban Pasundan akan bangun "Etalase Kampung Sunda"
 
"Dan hal ini sejalan dengan Kodepena," kata Prof Didi.
 
Dia juga berharap bahwa Kodepena akan menjadi basis pemikiran dan gagasan para dosen untuk meningkatkan tugas penelitian dan karya ilmiah.
 
Selain dalam rangka rangkaian Milangkala Paguyuban Pasundan ke 109, Paguyuban Pasundan akan menyelenggarakan seminar terkait pemilu yang berkaitan dengan nasib bangsa ke depan menghadirkan narasumber yang kredibel dan diharapkan bisa memberikan wawasan dan pencerahan kepada masyarakat.
 
Rangkaian kegiatan ini akan diselenggarakan hingga puncak Milangkala Paguyuban Pasundan ke 109 pada 20 Juli 2022.
 
Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas Kodepena, Marsda (Purn) Dr A Adang Supriyadi, mengatakan saat ini untuk menjadi seorang penulis dan peneliti memang tidak mudah semua harus sesuai dengan kemampuan
 
"Dan ada satu lagi yakni harus sesuai dengan softskill," kata Adang.
 
Dalam kegiatan itu juga hadir secara virtual Kepala LLDIKTI IV Dr M Samsuri, yang juga memberikan sambutan dan dukungannya.
 
Ketua Umum DPP Kodepena Dr Hj Rani Siti Fitriani menyampaikan bahwa Kodepena adalah wadah para dosen dan peneliti dari Sabang sampai Merauke.
 
"Ke depan kami berharap bahwa Kodepena akan menjadi wadah yang dapat memberikan kontribusi terbaik bagi nusa dan bangsa, semoga semakin solid," katanya.
 
Rani juga mengucapkan terimakasih kepada PB Paguyuban Pasundan yang telah mendukung lahirnya Kodepena.
 
"Kegiatan ini juga berbarengan dengan Mapag ke 109 Paguyuban Pasundan, Terimakasih untuk bapak ketua umum atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan," kata dia.*
   

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022