Dengan model toilet baru, mudah-mudahan kenyamanan jamaah meningkat
Mekkah (ANTARA) - Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Arsad Hidayat mengatakan, jamaah haji tidak perlu khawatir antre lama ke toilet di Arafah, Muzdhalifah dan Mina (Armuzna) karena jumlahnya diperbanyak dan lebih nyaman.

"Jika tahun sebelumnya jumlah toilet per maktab hanya 21, sekarang diperbanyak menjadi 38. Juga ada tambahan toilet portabel sehingga mampu mengurangi antrean toilet, khususnya di toilet perempuan," kata Arsad di Makkah, Minggu.

Dia mengatakan, bangunan toilet sebelumnya sudah ada dan ada perluasan serta di modernisasi. Jika dulu hanya ada toilet jongkok maka sekarang sudah disediakan toilet duduk.

"Sekarang sudah diberikan alternatif ada toilet jongkok, toilet duduk juga ada," katanya seraya menambahkan ini merupakan pilihan bagi orang yang terbiasa dengan toilet duduk atau untuk yang sakit.

"Dengan model toilet baru, mudah-mudahan kenyamanan jamaah meningkat," katanya.

Namun Arsad mengaku belum melihat toilet khusus untuk disabilitas di Armuzna. Nanti akan menjadi saran dan masukan ke pihak muasasah agar menyediakan toilet khusus disabilitas.

Peningkatan sarana dan prasarana Armuzna juga berupa tenda dan AC yang baru dengan jumlah yang lebih banyak pula.

Baca juga: Sebanyak 68.774 calon haji Indonesia sudah tiba di Arab Saudi
Baca juga: Calon haji tak bisa berbahasa Indonesia jadi tantangan petugas
Baca juga: Dubes RI minta cek lagi persiapan tiga hari sebelum Armuzna


 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Apep Suhendar
Copyright © ANTARA 2022