Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengalokasikan anggaran senilai Rp6 miliar lebih untuk beasiswa pendidikan bagi siswa yang berprestasi namun ekonomi lemah di daerah itu, sebagai bentuk keberpihakan pemerintah kepada masyarakat.

Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Senin, mengemukakan anggaran beasiswa itu melekat pada bagian kesejahteraan rakyat Setda Pemkab Sigi yang telah menyentuh sebanyak 262 pelajar sebagai penerima manfaat.

"Sejak tahun 2018 sampai 2022 terdapat Rp6 miliar lebih alokasi anggaran beasiswa yang melekat di Bagian Kesra Setda Pemkab Sigi, ada 262 pelajar yang menerima manfaat dari beasiswa tersebut," kata Mohamad Irwan di sela-sela upacara puncak peringatan HUT Ke-14 Kabupaten Sigi, di Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Senin.

Baca juga: Pemkab Sidoarjo gelontorkan beasiswa pendidikan senilai Rp10 miliar

Irwan mengatakan alokasi anggaran beasiswa tersebut sudah termasuk dengan beasiswa program satu kecamatan satu dokter.

"Kami bertekad agar setiap kecamatan memiliki satu dokter, maka kami mengintervensi hal itu dengan mengalokasikan APBD untuk beasiswa pendidikan," ucapnya.

Irwan mengatakan selain beasiswa tersebut, Pemkab Sigi juga telah mengucurkan anggaran senilai Rp578 juta lebih untuk beasiswa bagi generasi muda di Sigi yang berprestasi namun ekonomi menengah ke bawah.

Anggaran beasiswa itu, kata dia, melekat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, yang di dalamnya termasuk beasiswa pemondokan/pesantren.

Baca juga: UIN Palu salurkan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa transmigrasi

"Ini sudah berjalan. Pada tahun 2017-2020 total penerima manfaat berjumlah 16 orang," katanya.

Program beasiswa yang melekat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, ujar dia, tetap berlanjut hingga tahun ini dengan alokasi anggaran yang lebih besar.

Pada tahun 2021 Pemkab Sigi mengalokasikan anggaran beasiswa pendidikan dan pemondokan/pesantren sebesar Rp3,3 miliar dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 294 orang.

Tahun 2022, kata dia, Pemkab Sigi mengalokasikan Rp2 miliar lebih dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 132 orang.

Baca juga: Pemkot Surabaya sediakan Beasiswa Pemuda Tangguh untuk mahasiswa

Ia menambahkan, pendidikan menjadi hal yang sangat penting dan sangat mendasar untuk pembangunan sumber daya manusia yang lebih baik dan berkelanjutan di daerah tersebut.

"Beasiswa tersebut diberikan agar generasi muda kita di Sigi dapat mengenyam pendidikan SLTA dan jenjang strata satu termasuk pendidikan dokter," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022