Jakarta (ANTARA) - Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono berharap pembangunan Masjid Al Kastoeri di Kota Pekanbaru, Riau, dapat membantu menciptakan generasi beriman dan bertaqwa.

Didampingi Kapolda Riau Irjen Pol. Muhammad Iqbal dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Wakapolri meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Al Kastoeri yang terletak di Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai Barat, Kota Pekanbaru, Selasa.

“Diharapkan pula dengan pembangunan masjid ini dapat meningkatkan ketaqwaan seluruh umat Muslim,” kata Gatot dalam keterangan tertulisnya.

Masjid Al Kastoeri berdiri di lahan seluas 5.170 meter kubik, dan lebar 1.050 meter kubik, terdiri atas lebar 30 meter serta panjang 35 meter. Masjid dirancang beruansa Timur Tengah, memiliki empat pilar di dalam masjid mampu menampung 1.388 orang.

Di areal masjid dibangun juga rumah tahfiz bernuansa Melayu dengan luas bangunan 260 meter kubik, lebar 26 meter dan panjang 10 meter. Terdiri atas dua ruangan, yang diperuntukkan bagi santri dan ruangan ustadz.

Menurut Gatot, pembangunan Masjid Al Kastoeri memiliki arti tersendiri. Meski bukan terletak di tanah kelahirannya, namun ia punya kedekatan emosional dengan Kota Pekanbaru, sehingga berharap pembanguan tembat ibadah itu ikut membantu mencipatakan generasi beriman dan bertaqwa di Bumi Lancang Kuning tersebut.

“Meski tidak lahir di Pekanbaru, tapi saya dari kecil dan besar di Pekanbaru, Riau, ini. Kami harapkan pembangunan masjid ini berjalan lancar,” katanya.

Sesuai amanat Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo saat melepas keberangkan tim distribusi Bakti Sosial Religi Polri dalam rangka HUT Ke-76 Bhayangkara, Senin (20/6) lalu, Polri membantu perbaikan dan renovasi 11.932 tempat ibadah, yang terdiri atas 5.536 masjid, 3.110 gereja, 1.302 pura, 1.108 vihara dan 876 klenteng.

Menurut Kapolri, langkah ini sebagai wujud kecintaan Polri terhadap seluruh umat beragama di Indonesia serta komitmen Polri menjaga nilai-nilai toleransi sebagaimana tertuang dalam Pasal 29 Undang-Undang Dasar 1945 tentang kemerdekaan beribadah bagi para pemeluk agama seluruh Indonesia.

“Polri harus hadir memberikan keamanan bagi kegiatan beribadah,” kata Kapolri.

Sementara itu, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution yang turut hadir di acara tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Wakapolri untuk berkontribusi mendukung pembangunan masjid di Riau, sebagai wujud bakti dan kepeduliannya.

“Alhamdulillah hari ini kami dapat hadir dalam peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al Kastoeri, semoga ini dapat menegakkan ketakwaan kepada Allah," kata Edy Natar.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022