Jakarta (ANTARA) - Suasana kawasan Kantor Wali Kota Jakarta Barat (Jakbar) yang berada di Jalan Kembangan Raya, terlihat gelap dalam momen peringatan pemadaman lampu dalam rangka mendukung gerakan "Earth Hour" pada Sabtu mulai pukul 20.30-21.30 WIB.

"Iya nanti semua lampu dimatikan," tutur Kepala Teknisi Kantor Wali Kota Jakarta Barat Margiono (54) kepada Antara.

Baca juga: Gedung di HI padamkan lampu guna dukung "Earth Hour"

Margiono mengatakan pemadaman lampu di dilakukan selama satu jam mulai pukul 20.30 WIB hingga 21.30 WIB sesuai instruksi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pantauan di lokasi, sejumlah lampu penerangan yang berada di sekitaran kantor Wali Kota Jakarta Barat juga terlihat gelap gulita seperti tidak ada aktivitas pada umumnya.

"Biasanya gedung ini baru dimatikan lampunya setelah pukul 00.00 WIB," ujar petugas keamanan Amrullah Amir.

Amir menyebutkan aksi pemadaman lampu selama satu jam sangat berpengaruh baik.

Adanya pemadaman ini membuat salah satu warga yang berada di sekitar lokasi antusias untuk mengikuti pemadaman listrik.

Baca juga: DKI petakan jalan protokol untuk padamkan lampu saat "Earth Hour"

"Setuju, ini salah satu kampanye yang sebenarnya mudah dilakukan oleh masyarakat," ujar salah satu warga Jakarta Barat, Vian (30).

Namun, Vian menilai Pemerintah Provinsi DKI kurang mensosialisasikan imbauan pemadaman lampu sehingga tidak semua warga mengikuti kegiatan tersebut.

"Padahal bumi sudah penuh dengan pencemaran, manusia harus bertindak dan berkontribusi untuk membuat bumi tidak semakin tercemar," tutur Vian.

Melalui pemadaman lampu selama satu jam, masyarakat ikut berpartisipasi dalam penghematan dan membantu menyelamatkan sumber daya alam.

Pelaksanaan pemadaman lampu dilakukan berdasarkan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pemadaman Lampu dalam rangka Aksi Hemat Energi dan Pengurangan Emisi Karbon.

Baca juga: Ini kata Anies terkait manfaat matikan lampu satu jam

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022