Jakarta (ANTARA) - Pemilik Bengkel Service Manto menuturkan tempat usaha perbaikan alat musik jenis gitar yang didirikan sejak 1980-an, kini menjadi langganan bagi sejumlah musisi terkenal di Indonesia.

Manto mengatakan perlu upaya yang keras untuk bertahan membuka usaha servis alat musik jenis gitar sejak dibuka pada 1986.

Baca juga: Pegawai positif COVID-19, produsen gitar Yamaha di Jaktim tutup

"menetap disini sekitar 1986, kan aku baru datang dari kampung belum punya apa-apa, aku 78 ke 86 pindah pindah aja, ya di lingkungan sini aja," kata Manto saat ditemui di kawasan Pejaten Timur, Jakarta Sslatan, Senin.
 
Ia mengatakan sejumlah konsumen datang ke bengkel Manto untuk memperbaiki gitar, salah satunya musisi Iwan Fals yang meminta untuk memperbaiki alat musiknya.

Selain itu, Manto mengungkapkan penyanyi "Raja Dangdut" Rhoma Irama dengan grup Soneta memesan empat unit gitar saat akan melaksanakan pertunjukan.

Untuk perbaikan gitar, Manto mengenakan biaya bervariasi tergantung sesuai tingkat kerusakan mulai dari Rp20 ribu hingga ratusan ribu dengan jangka waktu yang juga bervariasi selama satu hari hingga satu bulan.

Baca juga: Tampil di Jakarta, Kodaline pinjam gitar Rian d'Masiv

Manto mengungkapkan ada juga konsumen dari luar daerah seperti Papua untuk memperbaiki gitar dengan menggunakan jasa kurir untuk mengirimkan barang.

Bahkan, ada juga seorang pelanggan, Rio yang sudah berlangganan lebih dari 20 tahun sedang berada di Bengkel Manto, untuk mereparasi gitar listrik merk "Fender".

"Waktu itu masih zamannya Pak Harto, 24 tahun lah," tutur Rio.

Rio mengatakan merasa nyaman memperbaiki gitar di tempat Manto, karena sambutan yang ramah dan perbaikan yang berkualitas, untuk bulan ini saja, ia sudah menyambangi tempat tersebut empat kali.

Baca juga: Kemarin, lelang gitar Megadeth untuk Palu hingga arena bermain VR di Jakarta

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022