Jakarta (ANTARA) - Pihak Sony Pictures Classics mengumumkan telah memperoleh hak rilis global atas film dokumenter tentang ikon gitaris perpaduan musik jazz dan Amerika Latin Carlos Santana berjudul "Carlos".

Sony Pictures Classics menganggap film "Carlos" yang disutradarai oleh pemenang Emmy lewat film "The Sentence" dan "We Are: The Brooklyn Saints", Rudy Valdez, adalah sebuah karya sempurna yang akan menggambarkan sosok gitaris Carlos Santana kepada penonton global lintas-generasi.

"Kami sangat bangga bisa bekerja sama dengan rekan-rekan di Imagine Documentaries dan Sony Music Entertainment untuk membantu menyebarkan kisah 'Carlos' yang cukup rumit namun amat hidup sekaligus menginspirasi seperti musiknya," tulis keterangan resmi dari Sony Pictures Classics, seperti disiarkan Variety pada Kamis.

Baca juga: Santana tunda tur konser karena masalah kesehatan

Pada bulan Mei tahun lalu, Variety sempat mengabarkan bahwa sebuah dokumenter panjang tengah disiapkan. Dokumenter tersebut menggambarkan perjalanan Carlos Santana sejak menekuni profesi sebagai musisi jalanan pada usia 14 tahun, hingga kemudian menjelma menjadi seorang dewa gitar yang memboyong sebanyak 10 kali Grammy.

"Carlos" juga menampilkan sejumlah potongan gambar dan musik yang jarang terekspos ke publik, sehingga menawarkan pengalaman intim sekaligus menyenangkan dari sebuah kekuatan unsur musik kontemporer.

"Saya merasa bangga dan terhormat bisa menceritakan dan membawa kisah Carlos Santana kepada dunia. Dia adalah sosok perintis sejati yang sangat berarti bagi banyak orang. Harapan saya, film ini menjadi perayaan kehidupan kemanusiaan," kata sutradara Rudy Valdez.

Rudy juga memuji kehadiran tim Imagine Documentaries dan Sony Music Entertainment yang bersama-sama mendanai proyek film tersebut. Menurutnya, film "Carlos" tidak akan mendapatkan mitra distribusi yang jauh lebih layak ketimbang Sony Pictures Classics.

"Di tangan mereka, film ini akan memiliki peluang lebih besar untuk menjangkau penonton dan memastikan sebanyak mungkin orang turut merasakan pengalaman ajaib dari seorang Carlos," tutup Rudy.

Baca juga: Gitaris Santana pingsan di panggung akibat dehidrasi

Baca juga: Gitaris Queen raih penghargaan Tahun Baru pertama Raja Charles


 

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023