kami ingin berperan aktif dalam melestarikan lingkungan
Palembang (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dan Pemerintah Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, menanam 100 bibit pohon untuk membantu program penghijauan di daerah setempat.

Kepala BCA Kantor Cabang Utama Lubuklinggau Royani di Lubuklinggau, Selasa, mengatakan, kegiatan dilakukan di Kelurahan Perumnas Rahma, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Selasa, dengan melibatkan komunitas Kelompok Bank Sampah Berkah.

“Kami ingin berperan aktif dalam melestarikan lingkungan dan perwujudan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs),” kata dia.

Pada kegiatan ini dilaksanakan program penanaman 100 bibit pohon mahoni, yang membuat kawasan Jalan Kelurahan Perumnas Rahma menjadi asri dengan melibatkan komunitas, BCA.a

Kelompok ini senantiasa berpartisipasi dalam kegiatan 3R seperti pembuatan pupuk kompos, penanaman pohon dan aktivitas penghijauan lainnya.
 
Baca juga: Jejak Bumi Indonesia OKU Sumsel canangkan Program Bumi Hijau

Sementara itu, untuk menandai perayaan ulang tahun ke-65, BCA menggelar kegiatan bertema SDGs dengan menargetkan penanaman 18 ribu pohon di sejumlah kota/kabupaten Tanah Air, sekaligus memperkuat kesadaran insan BCA atas nilai utama pelestarian lingkungan.

Penanaman pohon di Lubuklinggau ini juga dilaksanakan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni dan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia pada 17 Juni.

“BCA Go Bi6 5tep,” menjadi tema utama dalam gerakan penanaman pohon ini, yang mengajak 25 ribu karyawan BCA di 12 Wilayah dan Kantor Pusat untuk melakukan virtual walk dengan nama Walk for Tree demi aksi penyelamatan bumi.

Setiap partisipasi langkah virtual walk karyawan BCA akan dikonversi ke dalam bibit pohon untuk ditanam di area hutan kota, hutan bakau, pemukiman penduduk, tepi jalan tol/jalan raya di berbagai wilayah di Indonesia.

Inisiatif Walk for Tree akan berlangsung dari Maret hingga seluruh bibit pohon selesai ditanam dan akan dilanjutkan dengan kegiatan perawatan.

Jenis-jenis pohon yang akan ditanam memiliki dampak signifikan terhadap pengurangan emisi karbon, pemulihan alam serta pengaturan iklim.

Baca juga: Jejak Bumi Indonesia OKU Sumsel tanam bibit pohon bambu di DAS Ogan

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022