Surabaya (ANTARA) - Pelatih Persebaya Aji Santoso meminta seluruh fisik pemainnya tidak turun usai menjalani pemusatan latihan atau training center (TC) selama dua pekan di Yogyakarta.

"Pertahankan kondisi fisik, caranya dengan berlatih tetap intensitas tinggi, baik dengan bola maupun tanpa bola," ujarnya usai memimpin sesi latihan di Surabaya, Kamis.

Latihan yang berlangsung di Lapangan ABC Kompleks Stadion Gelora Bung Tomo merupakan yang pertama sejak kembali dari Yogyakarta pada Selasa (5/7).

Kendati perdana, pelatih asal Malang tersebut tak ingin pemainnya santai-santai dan langsung menggelar latihan dengan intensitas cukup tinggi.

Selain itu, pada latihan tersebut para pemain diberikan porsi mempertahankan bola di daerah sendiri.

"Meski bermain di daerah sendiri, pemain harus kuat melindungi dan mempertahankan bola. Itu yang saya tekankan," ucap Aji.

Baca juga: Persebaya bersiap TC usai kandas di Piala Presiden

Sementara itu, dalam pemusatan latihan yang berlangsung mulai 24 Juni s.d. 5 Juli 2022, seluruh pemain diakuinya dalam kondisi bagus.

Bahkan, salah satu tujuan dikumpulkannya pemain yaitu meningkatkan chemistry atau membangun kecocokan antarpemain, terlebih mayoritas musim ini dihuni oleh skuad baru.

"Syukurlah mereka lebih saling mengenal dan cocok satu sama lain, termasuk dengan pemain asing yang semuanya baru," kata dia.

Pada pemusatan latihan di Yogyakarta, Persebaya menggelar sejumlah uji coba, yakni melawan Tim Porda Sleman berakhir dengan kemenangan 4-0.

Kemudian, menang 9-2 atas tim Porprov Sleman, serta 3-1 melawan tim Liga 2, Nusantara United.

Menghadapi Liga 1 Indonesia yang mulai bergulir 23 Juli 2022, Aji Santoso juga mengagendakan uji coba melawan tim sesama level di kompetisi atau satu tingkat di bawahnya.

Di sisi lain, dipastikan beberapa pemain muda Bajul Ijo akan dipinjamkan ke tim Liga 2, salah satunya Akbar Firmansyah ke Gresik United.

Sedangkan, tiga pemain lain dikabarkan akan memperkuat tim Liga 2 lainnya, seperti Fernando Pamungkas ke Nusantara United, lalu Ruy Ariyanto serta Dicky Kurniawan menyusul Akbar ke Gresik United.

Baca juga: Pemain asing Dewa United Karim Rossi bersemangat nantikan Liga 1
Baca juga: Bae Sin-yeong ingin lebih baik di musim kedua bersama Persita

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022