Bekasi (ANTARA) - Dua gol dari titik penalti oleh Rabbani Siddiq membawa tim nasional U-19 Indonesia unggul 3-1 atas Filipina pada babak pertama laga Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat.

Selain Rabbani, gol juga dibuat Alfriyanto Nico. Filipina memperkecil ketinggalan melalui Justin Frias.

Pada laga tersebut, Indonesia tampil menekan sejak awal meski bermain tanpa gelandang andalan Marselino Ferdinan yang cedera sehingga mesti menuntaskan turnamen lebih awal.

Baru lima menit laga berjalan, anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong melepaskan tembakan melalui kaki bek sayap kiri Edgard Amping yang melambung.

Baca juga: Shin Tae-yong rotasi pemain timnas U-19 kontra Filipina

Terus ditekan, pemain Filipina akhirnya membuat kesalahan dengan menekel sayap Indonesia Subhan Fajri yang menusuk ke dalam kotak penalti. Wasit Souei Vongkham dari Laos memberikan hadiah tendangan 12 pas untuk Indonesia.

Rabbani maju sebagai eksekutor dan menjalankan tugasnya dengan baik pada menit-15. Indonesia pun memimpin satu gol.

12 menit kemudian, dalam sebuah serangan cepat, Rabbani Siddiq mengirimkan bola terobosan yang dapat dikuasai Alfriyanto Nico dengan baik sebelum dia menyepak bola masuk ke gawang Filipina.

Unggul 2-0, skuad berjuluk Garuda Nusantara dikejutkan dengan gol balasan Filipina pada menit ke-29. Justin Frias memanfaatkan kemelut di depan gawang Indonesia yang tercipta akibat lemparan ke dalam Antoine Ortega.

Baca juga: PSSI: Marselino absen hingga Piala AFF U-19 tuntas karena cedera

Lemparan Ortega yang langsung mengarah ke tengah kotak penalti memang beberapa kali membahayakan pertahanan Indonesia.

Setelah itu, Indonesia kembali mengambil kendali pertandingan. Hasilnya, Zanadin Fariz dijatuhkan di wilayah terlarang Filipina. Penalti dihadiahkan wasit untuk Indonesia dan Rabbani lagi-lagi sukses menunaikan tugas.

Indonesia pun unggul 3-1 dan skor itu bertahan sampai turun minum.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-19 Filipina: Lance Bencio-pg, Zachary Taningco, Cian Galsim, Dov Carino, Kamil Amirul, Andres Aldeguer, John Dale, Jaike Rosquillo (kapten), Antoine Ortega, Justin Frias, Uriel Dalapo.

Timnas U-19 Indonesia: Cahya Supriadi-pg, Kadek Arel Priyatna, Muhammad Ferarri (kapten), Marcell Januar, Edgard Amping, Subhan Fajri, Frezy Al Hudaifi, Ferdiansyah Cecep, Zanadin Fariz, Alfriyanto Nico, Rabbani Siddiq.

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022