Jakarta (ANTARA) - Pada Jumat (8/7) penduduk Indonesia yang sudah mendapat vaksinasi COVID-19 dosis penguat bertambah menjadi 51,6 juta, jamaah haji melaksanakan wukuf di Padang Arafah, dan Menteri Agama berdoa untuk kebaikan Indonesia pada puncak pelaksanaan ibadah haji.

Selain itu ada warta mengenai rencana aksi nasional untuk mengatasi dampak perubahan iklim di sektor ketenagakerjaan serta potensi gelombang tinggi di wilayah perairan Indonesia yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

51,6 juta penduduk Indonesia telah divaksinasi penguat

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan jumlah penduduk Indonesia yang telah mendapat vaksinasi COVID-19 dosis penguat mencapai 51.644.027 orang, bertambah 317.535 orang dari hari sebelumnya pada Jumat (8/7) pukul 12.00 WIB. Sedangkan vaksinasi lengkap sudah diberikan kepada total 169.277.279 orang.

Jamaah haji merasa lega doa tercurah usai wukuf

Bersama jamaah dari berbagai negara di dunia, jamaah haji Indonesia melaksanakan wukuf di Padang Arafah pada Jumat. Semasa wukuf, selain melaksanakan shalat wajib jamaah haji mendengarkan khutbah, berzikir, dan memanjatkan doa-doa. Setelah wukuf, jamaah akan melaksanakan prosesi ibadah haji selanjutnya, mabit atau menginap di Muzdhalifah sambil mencari kerikil untuk melempar jumrah.

Menteri Agama berdoa untuk kebaikan Indonesia semasa wukuf

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berdoa untuk kebaikan Indonesia pada masa jamaah haji melaksanakan wukuf di Arafah. "Kita semua berdoa dan berharap agar perbedaan yang kita miliki jadi sumber kekuatan bukan menjadi sebuah perpecahan. Mudah-mudahan berkah haji akbar Indonesia akan mencapai itu," katanya.

Kemnaker rencanakan aksi nasional atasi dampak perubahan iklim

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) merencanakan aksi nasional untuk mengatasi dampak perubahan iklim di sektor ketenagakerjaan, yang mencakup ancaman pada pekerjaan-pekerjaan di sektor yang mengandalkan keberlanjutan ekosistem dan penurunan produktivitas akibat penurunan kondisi lingkungan.

Bagian perairan Indonesia bergelombang tinggi mulai Jumat pagi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan 11 wilayah perairan Indonesia mengalami gelombang tinggi mulai Jumat pagi pukul 07.00 WIB sampai Sabtu (9/7) pagi pukul 07.00 WIB.

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022