Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo atau yang akrab dipanggil Bamsoet memimpin dukungan untuk Sean Gelael yang sedang berjuang pada balapan 6 Hours of Monza, di Sirkuit Monza, Italia, Minggu.

Bentuk dukungan yang diberikan oleh pria yang juga Ketua MPR ini dengan ikut nonton bareng (nobar) bersama dengan puluhan penggemar Sean Gelael di KFC Naughty by Nature di kawasan Senopati, Jakarta.

"Di Monza ini Sean Gelael adalah pebalap pertama yang menjalani balapan. Mudah-mudahan di balapan kali ini bisa meraih hasil yang terbaik," kata Bamsoet di sela nonton bareng.

Pada balapan 6 Hours of Monza, Sean Gelael yang tergabung dalam tim WRT #31 turun bersama dengan dua pebalap lainnya yakni Robin Frinjs dan Rene Rast. Dan di Monza ini mengawali balapan dari posisi delapan.

"Semoga dua pebalap lainnya juga tampil maksimal. Selama ini saya terus mengawal Sean dan bahkan saya juga beberapa kali mengawal langsung di sirkuit," kata Bamsoet menambahkan.

Baca juga: Sean Gelael dkk awali balapan di Sirkuit Monza dari posisi delapan

Setelah start, Sean yang menjadi pebalap pertama tim WRT #31 langsung berusaha menekan. Namun dalam jalannya balapan segala kemungkinan sempat terjadi termasuk melorot ke posisi 13 meski selanjutnya bisa mengejar lawan di depannya.

Sebelumnya pada Free Practice (FP) 3 trio pebalap tim WRT #31 berada di P2 alias satu posisi lebih baik dari FP2. Cuaca panas Sirkuit Monza menjadi tantangan semua tim, tapi WRT #31 merasa siap di babak kualifikasi.

Babak penentuan posisi start untuk kelas Hypercar dan LMP2 itu berlangsung selama 10 menit pada Sabtu (9/7). Dan usaha pertama WRT #31 yang diwakili Robin menempatkan mereka di posisi enam.

Robin pun masuk pit untuk mengganti ban baru. Tujuannya tentu saja untuk mempertajam catatan waktunya sekaligus menaikkan posisi. Namun sayang, ketika memulai usaha perbaikan waktu tersebut mobil tim baru di kelas Hypercar, Peugeot #93 yang dikemudikan Mikkel Jensen terhenti di trek.

Red flag pun dikibarkan. Dan karena sisa waktu yang ada ketika sesi dihentikan adalah 1 menit 35 detik, artinya tidak cukup bagi siapa pun untuk membuat usaha perbaikan waktu kalau sesi dilanjutkan, babak kualifikasi itu dianggap selesai.

Tim United Autosports USA #22 lewat pebalap Filipe Albuquerque meraih pole position di kelas LMP2. Sementara itu WRT #31 mesti puas di P8.

Meski demikian kubu WRT #31 juga tidak terlalu khawatir karena rival dalam perburuan gelar juga terperosok di posisi bawah. JOTA #38 ada di posisi 11, sementara United Autosports USA #23 di P14. Satu rival yang ada di atas WRT #31 adalah Prema Orlen #9 yang meraih P6.

Baca juga: Bos WRT minta Sean Gelael dkk fokus pada balapan ketahanan tersisa

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022