Jakarta (ANTARA) - DPP Garda Pemuda NasDem (GPND) melakukan penyembelihan hewan kurban, terdiri atas 47 ekor sapi dan 52 ekor kambing, secara serentak di 34 provinsi se-Indonesia dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Ketua Bidang Agama dan Kebinekaan DPP GPND Chepy Aprianto, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, mengatakan penyembelihan hewan kurban secara serentak itu juga merupakan rangkaian kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun ke-11 GPND berbarengan dengan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Dengan demikian, lanjutnya, penyembelihan dan pembagian hewan kurban itu merupakan kegiatan kemanusiaan, selain untuk kegiatan keagamaan, sehingga daging hewan yang disembelih dibagikan kepada seluruh masyarakat tanpa memandang suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

"Pemberian hewan kurban diberikan kepada semua umat manusia tanpa memandang agama, suku, ras, dan golongan tertentu. Ini murni atas dasar kemanusiaan," kata Chepy.

Baca juga: Surya Paloh: Lebih baik tidak ada pemilu kalau timbulkan perpecahan

Dia menambahkan GPND juga menggelar kegiatan lain dalam rangka perayaan HUT organisasi sayap Partai NasDem itu.

"Masih banyak kegiatan-kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan GPND, di antaranya kampanye stunting, kegiatan peduli lingkungan, ngaji kebangsaan dengan mengambil pelajaran dari Buya Syafii Maarif, dan kegiatan-kegiatan lainnya," tambah Ketua Pengarah HUT Ke-11 GPND itu.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Penyembelihan Hewan Kurban dan HUT ke-11 GPND Ahmad Kaelani mengatakan, dari total 47 ekor sapi yang disebar ke seluruh provinsi, 11 ekor di antaranya disembelih di Prananda Surya Paloh Center di Kota Medan, Sumatera Utara.

Dia mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah menitipkan hewan kurban pada GPND.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Ketua Umum GPND Prananda Surya Paloh dan donatur yang telah menitipkan hewan kurbannya untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan," ujar Ahmad Kaelani.

Tema kegiatan penyembelihan hewan tersebut sama dengan tema HUT ke-11 GPND, yaitu "Peran Strategis Pemuda: Merajut Kebangsaan, Merawat Kemanusiaan".

Baca juga: 4.878 hewan kurban disembelih pada perayaan Idul Adha di Gunung Kidul

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022