Lamongan (ANTARA) - Garda Pemuda NasDem berniat menyelenggarakan pelatihan search and rescue (SAR) atau pencarian dan penyelamatan di seluruh daerah di Indonesia untuk membantu sekaligus menjadi relawan di daerah bencana.

"Melihat semangat dan militansi pemuda di Jatim, saya siap menyelenggarakannya di seluruh Indonesia," ujar Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Prananda Surya Paloh saat penutupan dan pengukuhan peserta pendidikan dan pelatihan dasar di Kabupaten Lamongan, Jumat.

Diklatsar bertajuk "Baret (Barisan Reaksi Cepat) Rescue NasDem" dilatih instruktur Kantor Badan SAR Nasional Surabaya dan digelar di area "Wisata Edukasi Gondang Outbond" (WEGO) di Lamongan mulai 2-11 Maret 2022 yang diikuti 156 pemuda perwakilan dari berbagai daerah di Jatim.

Baca juga: NasDem Jawa Timur siapkan ratusan pemuda jadi relawan bencana

Prananda menegaskan kebanggaannya kepada para peserta yang sudah mendapat bekal pengetahuan dan pemahaman tentang penanganan bencana.

"Partai NasDem tidak hanya berkutat sama politik, tapi bekerja sosial dan kemanusiaan. Para peserta ini adalah orang pilihan karena mendarmabaktikan kepada bangsa dan negara," ucapnya.

Prananda yang juga Ketua Koordinator Bappilu DPP Partai NasDem tersebut menegaskan kesiapan kader mengulurkan tangan kepada siapa pun yang membutuhkan demi meringankan beban masyarakat.

Baca juga: Garda Pemuda NasDem bersama Santri berkomitmen kawal Pancasila

Sementara itu, pada diklatsar angkatan pertama tersebut, seluruh peserta dibekali pemahaman berbagai materi, seperti Medical First Responder (MFR) atau cara memberi pertolongan pertama pada korban dan Water Rescue, yakni penyelamatan di permukaan air.

Selain itu, ada materi High Angle Rescue Technique (HART) yang melatih bagaimana menolong korban melalui dinding gedung atau tebing, termasuk pelatihan untuk memperkuat fisik dan mental.

Peserta juga dilatih oleh prajurit TNI tentang baris-berbaris yang baik dan benar, dilatih anggota Polri terkait pengamanan, dan BPBD untuk mengetahui teknik tentang keposkoan.

Baca juga: Garda Pemuda NasDem: PSP Bervaksin kedepankan sisi kemanusiaan

Tak itu saja, peserta dilatih menyelamatkan hewan ternak maupun liar di area bencana oleh Tim Rescue Satwa, belajar komunikasi oleh Tim Orari, dan Tim PMI untuk dapur umum serta dari pengurus NasDem tentang wawasan kepartaian.

Usai digelar penutupan dan pengukuhan, para peserta menunjukkan hasil pelatihan dengan menampilkan simulasi tentang cara mengevakuasi dan menangani korban di lokasi bencana.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022