Bekasi (ANTARA) - Timnas Laos U-19 memastikan diri menjadi juara Grup B Piala AFF U-19 setelah menekuk Malaysia dengan skor 1-0 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin

Pada pertandingan ini, satu-satunya gol yang tercipta dari Laos dicetak oleh pemain bertahan Phoutthavong Sangvilay melalui titik putih pada menit 66.
 
Kemenangan ini membuat Laos menduduki peringkat pertama klasemen akhir Grup B Piala AFF U-19 dengan torehan 12 poin dari empat pertandingan, sedangkan Malaysia berada di posisi kedua dengan total 7 poin.

Baca juga: Pelatih syukuri keberhasilan Laos U-19 lolos ke semifinal Piala AFF

Selanjutnya Laos akan menghadapi Thailand di semifinal pada Rabu (13/7) mendatang, sedangkan Malaysia akan bertemu Vietnam di hari yang sama.
 
Pada babak pertama, kedua tim bermain dengan tempo sedang dan sesekali melakukan serangan, namun belum ada yang mengancam gawang lawan masing-masing.
 
Laos mengancam lebih dulu melalui tendangan keras yang dilepaskan oleh penyerang Athit Louanglath, tetapi masih bola masih bisa ditinju kiper Malaysia Syahmi Adib Haikal.

Baca juga: Grup B Piala AFF-19: Laos dan Malaysia bersaing untuk posisi pertama
 
Di sisa waktu babak pertama, kedua tim tetap bermain terbuka dan saling melancarkan serangan, namun hingga turun minum skor sama kuat 0-0 tetap bertahan.
 
Pada babak kedua, kedua tim masih bermain dalam tempo sedang dan hingga 15 menit berjalan, belum ada peluang yang membahayakan dari Laos dan Malaysia.

Laos memiliki peluang ketika mendapatkan hadiah penalti setelah Louanglath dilanggar di kotak terlarang oleh bek Malaysia Muhammad Faiz Amer Runnizar.
 
Bek Phoutthavong Sangvilay yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dengan menendang bola ke arah yang berlawanan dari Syahmi Adib sehingga skor berubah menjadi 1-0 untuk Laos.
 
Di sisa waktu babak kedua, Malaysia berupaya untuk menyamakan kedudukan, namun hingga peluit panjang berbunyi, Laos mampu mempertahankan keunggulan 1-0.

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022