Peminat Program Studi Kedokteran mencapai 2.006 orang diterima 70 orang
Jakarta (ANTARA) - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) telah menerima 1.202 calon mahasiswa baru yang melalui Seleksi Mandiri S-1 dengan proses ketat setelah sebelumnya penerimaan telah dilakukan penerimaan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

"Seleksi Mandiri S-1 merupakan peluang terakhir bagi calon mahasiswa untuk dapat berkuliah di program S-1 UPNVJ. Sebelumnya, sudah ada calon mahasiswa yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)," ujar Wakil Rektor Bidang Akademik UPNVJ Anter Venus dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UPNVJ itu menjelaskan bahwa Seleksi Mandiri S-1 UPNVJ menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN sebagai tolok ukur.

Selain nilai UTBK, pendaftar jalur prestasi juga mendapat tambahan nilai dari prestasi seperti dari olimpiade sains, olahraga dan seni baik di tingkat provinsi, nasional dan internasional dalam tiga tahun terakhir. Selain itu nilai tambahan diberikan bagi yang menjadi ketua OSIS menjabat paling kurang satu periode serta hafidz Al-Quran dan Youtube Content Creator.

Untuk peserta yang tidak lolos masih memiliki peluang mendaftar melalui Seleksi Mandiri S-1 Gelombang II yang akan diumumkan pada 12 Juli 2022 melalui media sosial dan situs UPNVJ. Selain itu, terdapat Seleksi Mandiri D-3 Gelombang II yang masih dibuka hingga 24 Juli 2022.

Seleksi Mandiri S-1 UPNVJ diikuti 21.798 calon mahasiswa. Program studi bidang sains dan teknologi yang paling diminati adalah Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Sistem Informasi. Sedangkan program studi bidang sosial dan humaniora yang paling diminati adalah Ilmu Komunikasi, Manajemen dan Hukum.

"Peminat Program Studi Kedokteran mencapai 2.006 orang dan yang diterima 70 orang, sedangkan peminat Program Studi Ilmu Komunikasi mencapai 2.216 orang dan yang diterima 103 orang," jelas Venus.

Menurutnya, perbandingan jumlah pendaftar dengan calon mahasiswa yang diterima sangat tinggi, menunjukkan persaingan calon mahasiswa untuk diterima di UPNVJ sangat ketat. Di sisi lain, hal itu juga memperlihatkan animo calon mahasiswa untuk berkuliah di UPNVJ sangat besar.

Baca juga: UPNVJ gelar uji keterampilan jalur prestasi hafidz Al-Quran-YouTuber

Baca juga: KKI tinjau kesiapan pendirian prodi Spesialis Radiologi UPNVJ

Baca juga: UPNVJ: RUU KIA momentum keberpihakan negara berikan hak ibu dan anak

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022