Pontianak (ANTARA) - Ketua Komisi V DPR RI Lasarus meninjau langsung lokasi pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa.

"Dalam waktu dekat pemancangan tiang pertama (groundbreaking) segera dilaksanakan menandai mulai dikerjakannya proyek pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I yang akan berdampingan dengan Jembatan Kapuas I yang sudah ada," kata Lasarus di Pontianak.

Di menjelaskan rencana pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I akan mulai dikerjakan tahun ini dan pemenang lelang proyek pengerjaan pembangunan sudah diumumkan.

Baca juga: Komisi V siap perjuangkan pembangunan Jembatan Paralel Kapuas

"Target pembangunan selesai pada 2024, jika lebih cepat maka akan lebih baik," ujarnya.

Untuk tahun ini, lanjut dia, alokasi anggaran lebih dari Rp30 miliar dari total alokasi anggaran sebesar Rp200 miliar. Sebagaimana diketahui, Jembatan Kapuas I yang ada saat ini sudah melebihi kapasitas, kemudian dari sisi keamanan juga berbahaya karena jembatan tersebut pernah ditabrak kapal tongkang beberapa kali.

"Lalu lintas di kawasan ini padat, kita berharap dengan pembangunan Jembatan Paralel, maka kemacetan bisa tertangani dan bisa membagi beban jembatan yang sudah ada sekarang," ungkap Lasarus.

Baca juga: Pembebasan lahan Jembatan Paralel Kapuas I dianggarkan Rp40 miliar

Sementara itu, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyampaikan terima kasih kepada Komisi V DPR RI yang memastikan Jembatan Paralel Kapuas I segera terbangun. Ia berharap pelaksanaan pemancangan tiang pertama segera dilakukan sehingga pembangunan bisa mulai dikerjakan.

"Pemenang lelang proyeknya sudah diumumkan, tinggal pelaksanaan "groundbreaking", mudah-mudahan bisa secepatnya," ujarnya.

Terkait pembebasan lahan, Edi menyebutkan hal itu sudah selesai. Sementara pelebaran Jalan Sultan Hamid II yang menjadi bagian pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I tahun ini mulai direncanakan.

Baca juga: Kalbar usulkan Jembatan Kapuas 3 jadi proyek prioritas pada 2022

"Mudah-mudahan tahun depan bisa mulai dibangun pelebaran jalan tersebut," kata Edi.

Dia mengajak seluruh masyarakat mendukung proses pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I dengan harapan bisa mengurangi kemacetan yang kerap terjadi .

"Saya yakin seluruh masyarakat mendambakan adanya Jembatan Paralel Kapuas I ini," katanya.

Pewarta: Andilala
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022