berperan penting dalam penyiapan sumber daya manusia untuk mencapai target SDGs itu sendiri
Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Prof dr Ova Emilia mengatakan perguruan tinggi memiliki peran penting dalam mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs).

“Perguruan tinggi yang memiliki tugas Tridharma, berperan penting dalam penyiapan sumber daya manusia untuk mencapai target SDGs itu sendiri,” ujar Ova dalam acara Partnership Advancing the United Nation SDG’s in Indonesia di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan tema-tema yang ada dalam SDGs tersebut juga dimasukkan ke dalam program UGM, baik itu tentang stunting, kekeringan, perubahan iklim dan lain sebagainya.

Baca juga: Kemendikbudristek-UGM dorong pemberdayaan masyarakat adat di Muna

“Bagaimana mengatasi persoalan tersebut dengan melakukan riset-riset yang ada di lapangan, serta kerja sama dengan pemerintah daerah, komunitas dan sebagainya,” terang dia.

Dalam kesempatan yang sama, Western Sydney University menjajaki peluang lebih lanjut dalam kolaborasi Australia dan Indonesia untuk mencapai SDGs.

Wakil Rektor dan Presiden Western Sydney University, Profesor Barney Glover AO, yang menjadi pembicara utama pada acara tersebut, menyoroti bahwa Western Sydney University adalah salah satu universitas paling awal yang menjadi penandatangan untuk mendukung SDGs dan sangat berkomitmen untuk memperluas kemitraan di Indonesia yang memajukan keberlanjutan.

Baca juga: Satgas PMK UGM periksa sejumlah ternak di Sleman

“Western Sydney University berkomitmen untuk mengatasi tantangan zaman kita, dan bersama dengan mitra internasional kami, termasuk Indonesia, kami dapat membuat perbedaan untuk masalah kompleks yang dihadapi planet ini dengan menyatukan peneliti dan pendidik terbaik kami untuk mengembangkan solusi yang dibutuhkan untuk menopang generasi yang akan datang,” kata Glover.

Putri Keraton Yogyakarta, GKR Mangkubumi mengatakan salah satu perjuangan dalam mencapai target SDGs tersebut adalah dalam upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Baca juga: Kadin-Western Sydney University jajaki peluang perluas kemitraan SDGs

Baca juga: Wapres apresiasi CFCD terus dukung pencapaian SDGs Indonesia


Pewarta: Indriani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022