TMMD Ke-114 di Nagari Batu Bulek, Tanah Datar dilaksanakan pada  27 Juli hingga 24 Agustus 2022
Padang (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) membantu pembangunan jalan pertanian sepanjang 2,81 kilometer dengan lebar 6 meter di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar dalam giat TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari Ke-114.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Amasrul di Padang, Selasa, mengatakan TMMD Ke-114 di Nagari Batu Bulek, Tanah Datar dilaksanakan pada  27 Juli hingga 24 Agustus 2022.

Lokasi itu dipilih berdasarkan survei oleh Pemkab Tanah Datar dengan jajaran TNI di wilayah Kodim 0307/Tanah Datar bersama dengan jajaran kecamatan dan nagari setempat.

Daerah Batu Bulek memiliki potensi pertanian dan sumber daya alam yang besar dan beragam untuk dikembangkan, namun belum memiliki jalan yang memadai.

Baca juga: TMMD di Solok bantu perbaiki rumah warga hingga buka akses pertanian

"Seluruh kepala OPD, instansi dan lembaga terkait agar dapat berkontribusi memberikan bantuan dan dukungan baik secara fisik maupun non fisik untuk menyukseskan TMMD/N ke-144," katanya.

Kasiter Korem 032/WB Kol. Kav. Nanang Siswoko menyampaikan untuk TMMD Ke -114, pihaknya menyiapkan 300 personel dan sudah memulai pengerjaan fisik dalam pra TMMD pada 6 Juni hingga 25 Juli 2022.

Ia berharap dalam TMMD kali ini dapat memunculkan terobosan produktif untuk membantu ekonomi masyarakat di daerah.

"TMMD ini wujud bakti TNI dan salah satu solusi mewujudkan ketahanan nasional. Diharapkan dapat mendorong akselerasi pembangunan di daerah, dan membantu tugas pemerintah di daerah," katanya.

Baca juga: Satgas TMMD ke-113 percepat pembuatan gorong-gorong di Mukomuko

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar, Iqbal Ramadi Payana mengatakan segala persiapan teknis yang diperlukan demi suksesnya TMMD ke-114 di Kabupaten Tanah Datar telah dimulai.

Sasaran fisik yang akan dilaksanakan di Nagari Batu Bulek, secara rinci menurut Iqbal adalah pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 2,81 km, dengan lebar jalan 6 m. Kemudian akan dilaksanakan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 3 unit.

"Alasan dipilihnya Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara ini ada beberapa alasan, di antaranya kawasan ini punya potensi pertanian yang besar. Namun akses jalan belum memadai, dengan kondisi sempit dan sulit dilalui kendaraan roda empat. Selain itu, di daerah ini juga belum pernah dilaksanakan Program TMMD. Mohon dukungan semua pihak dan kita siap sukseskan TMMD Ke-114 di Lintau Buo Utara," kata Iqbal.

Baca juga: Satgas TMMD Kodim 1314/Gorut gelar pelayanan Posyandu cegah stunting

Baca juga: Bupati Wondama: TMMD bawa perubahan positif bagi warga

 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022