Ottawa (ANTARA) - Badan pengawas obat-obatan Kanada pada Kamis (14/7) mengumumkan pihaknya telah mengizinkan penggunaan vaksin COVID-19 Moderna Spikevax pada anak-anak berusia enam bulan hingga lima tahun.

Vaksin itu merupakan vaksin COVID-19 pertama di Kanada yang diizinkan untuk digunakan pada kelompok usia ini, yang jumlahnya mencapai sekitar 1,7 juta anak, ujar Health Canada dalam sebuah pernyataan.

Health Canada, yang menerima permohonan dari Moderna untuk memperluas indikasi Spikevax pada 29 April 2022 lalu, sebelumnya mengizinkan vaksin tersebut untuk digunakan pada orang berusia 18 tahun ke atas pada Desember 2020, dan kemudian diizinkan untuk anak-anak berusia 12-17 tahun pada Agustus 2021, dan anak-anak berusia 6-11 tahun pada Maret 2022.

Menurut pernyataan tersebut, Health Canada telah mengizinkan rangkaian primer dua dosis masing-masing 25 mikrogram, dengan dosis kedua diberikan empat pekan setelah dosis pertama.

Takarannya adalah separuh dari dosis yang diizinkan untuk anak-anak berusia 6-11 tahun dan seperempat dari dosis yang diizinkan untuk orang-orang yang berusia di atas 12 tahun.

Uji klinis menunjukkan bahwa respons imun terhadap Spikevax pada anak-anak berusia enam bulan hingga lima tahun sebanding dengan yang terlihat pada orang-orang berusia 18-25 tahun dari penelitian sebelumnya.

Kemanjuran dievaluasi ketika Omicron menjadi varian dominan COVID-19 dan vaksin tersebut ditoleransi dengan baik tanpa tanda-tanda masalah keamanan dari fase uji coba, kata Health Canada.

Vaksin COVID-19 Pfizer untuk anak-anak berusia enam bulan hingga lima tahun telah diajukan untuk izin penggunaannya ke Health Canada dan masih dalam peninjauan. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022