Ini guna memberikan perlindungan atau jaminan sosial ketenagakerjaan kepada tenaga kerja bukan penerima upah di pelosok desa
Manado (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Sulawesi Utara menyebarkan Agen Perisai hingga di pelosok desa di daerah itu untuk mendorong pertumbuhan jumlah peserta program.

"Ini guna memberikan perlindungan atau jaminan sosial ketenagakerjaan kepada tenaga kerja bukan penerima upah di pelosok desa," kata Kepala BPJAMSOSTEK Sulut Sunardy Syahid di Manado, Jumat.

Sunardy mengatakan semakin banyak Agen Perisai yang tersebar di seluruh wilayah Sulut maka akan mendorong pertumbuhan jumlah peserta pada 2022 ini.

"Harus diakui jumlah Agen Perisai di Sulut belum banyak, program pemerintah dalam jaminan sosial tersampaikan sampai pelosok desa," katanya.

Baca juga: Delegasi Thailand tertarik pada skema jaminan pensiun BPJAMSOSTEK

Dia mengatakan saat ini pihaknya terus merekrut Agen Perisai untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada pekerja informal maupun perusahaan yang belum menjaminkan tenaga kerjanya dalam program jaminan sosial.

Sehingga, katanya, pekerja ini mendapatkan perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, hanya dengan iuran Rp16.800 per orang. Kalau dengan Jaminan Hari Tua, iurannya sebesar Rp36.800 per orang.

"Kami harap jumlah Perisai semakin banyak dan bisa mencakup seluruh kabupaten dan kota di Sulut," ujarnya.

Baca juga: BPJAMSOSTEK beri santunan kecelakaan kerja kala WFH Rp4,4 M

Karena saat ini sudah ada sistem daring, katanya, maka agen bisa mendapatkan nasabah dari mana saja di seluruh Indonesia.

Ia menjelaskan semakin banyak warga yang mendapatkan perlindungan dari BPJAMSOSTEK, maka salah satu kekhawatiran akan berkurang, karena akan dijamin selama tenaga kerja ini melakukan aktivitas, baik jaminan kematian maupun jaminan kecelakaan kerja.

BPJAMSOSTEK memiliki empat program yakni Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) serta jaminan pemutusan hubungan kerja.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Cifest-Cibarusah beri santunan ahli waris pedagang bubur

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022