Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan Danau Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di Jalan Raya Kampus Unesa, Lidah Wetan, Kota Pahlawan, Jawa Timur, memiliki potensi menjadi destinasi wisata baru.

Wali kota melalui keterangan tertulisnya di Surabaya, Sabtu mengatakan rencananya kawasan tersebut akan dikonsep tidak jauh berbeda dengan wisata Perahu Air Kalimas, yakni akan ada hiasan lampu dan permainan air.

"Semoga Pemkot Surabaya bisa segera membuka objek wisata baru di kawasan Surabaya barat itu," kata Eri.

Menurut dia, untuk mengembangkan potensi wisata Danau Unesa tersebut, Pemerintah Kota Surabaya menjalin kerja sama dengan Universitas Negeri Surabaya.

Ia menjelaskan kerja sama yang sudah terjalin hingga saat ini, yakni pertama, program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), yang akan menugaskan para mahasiswa atau peserta kuliah kerja nyata (KKN) untuk membantu berbagai program milik pemkot.

"Kedua, adalah bagaimana kita bersinergi dalam pengembangan UMKM di kawasan Unesa di wilayah Surabaya barat. Mahasiswa yang akan praktik, bisa bersinergi memanfaatkan kawasan Danau Unesa untuk menggerakkan sentra PKL," kata Eri.

Ketiga, Eri mengatakan bahwa Unesa akan membuka Fakultas Kedokteran Olahraga. Salah satu rumah sakit yang berkolaborasi untuk menjadi rumah pendidikan adalah RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH) Kota Surabaya.

"Ini kolaborasi yang sangat luar biasa dan kami sangat mendukung. Insya Allah perjanjian kerja sama (PKS) juga sudah ditandatangani sebagai rumah sakit pendamping. Kami berjalan paralel, hari ini kami sudah tandatangani PKS-nya untuk RS pendidikan," ujar dia.

Eri mengatakan, yang terpenting bagi Pemkot Surabaya adalah tidak bisa melepaskan gotong-royong dan sinergitas bersama perguruan tinggi, salah satunya Unesa. Sebab, kekuatan kebersamaan ini akan menjadi contoh sinergi antara pemkot dan perguruan tinggi untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan dalam semua bidang.

"Karena perguruan tinggi mempunyai kelebihan untuk mendukung berbagai program untuk kepentingan masyarakat Kota Surabaya," ujar dia.

Sementara itu, Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan mengatakan dukungan Pemkot Surabaya mampu mewujudkan cita-cita untuk membangun dan mengembangkan Kota Pahlawan, baik dalam bidang pendidikan, olahraga, hingga pariwisata.

"Selaku perguruan tinggi yang memiliki sarana, prasarana dan SDM, maka kami sinergikan dengan Pemkot Surabaya. Kami sudah mendiskusikan dan melakukan berbagai aksi di kawasan Surabaya barat, untuk bisa memberikan peluang bagi masyarakat di sekitar kampus," kata Cak Hasan, sapaan akrabnya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022