London (ANTARA) - Rusia sedang mempersiapkan serangan tahap berikutnya di Ukraina, kata seorang pejabat militer Ukraina, setelah Moskow mengatakan pasukannya akan meningkatkan operasi militer di "semua wilayah operasional".

Pertempuran

* Dua orang tewas di Nikopol ketika serangan roket besar Rusia menghantam kota Ukraina selatan, kata dinas darurat dan gubernur regional.

* Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu memerintahkan unit militer Rusia yang beroperasi di semua wilayah Ukraina untuk meningkatkan operasi mereka guna mencegah serangan di Ukraina timur dan wilayah lain yang dikuasai Rusia.

* Serangan rudal Rusia menghantam kota Chuhuiv, Ukraina timur laut di wilayah Kharkiv, menewaskan tiga orang termasuk seorang wanita berusia 70 tahun, dan melukai tiga lainnya, kata gubernur regional.

* Rusia mengatakan angkatan bersenjata mereka menghancurkan sebuah pabrik di kota Dnipro, Ukraina, yang memproduksi suku cadang untuk rudal balistik Tochka-U. 

* Reuters tidak dapat memverifikasi laporan medan perang secara independen.

Ekonomi/Diplomasi

* Para menteri keuangan G20 berjanji untuk mengatasi kerawanan pangan global dan meningkatnya utang, tetapi tetap terbelah pendapat mereka mengenai invasi Rusia.

Kutipan

* "Tiga orang kehilangan nyawanya, mengapa? Untuk apa? Karena Putin gila?" kata Raisa Shapoval, 83, saat duduk di reruntuhan rumahnya di Chuhuiv.

Sumber: Reuters
Baca juga: Rusia tingkatkan serangan jarak jauh, sirene terdengar di Kiev
Baca juga: Inggris panggil dubes Rusia terkait kematian warganya di Donetsk
Baca juga: Anggota G20 serukan akhiri perang Ukraina

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022