Penghargaan ini tentu menambah motivasi bagi petugas Imigrasi Atambua
Kupang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, menerima dua penghargaan atas pelayanan keimigrasian di wilayah perbatasan RI-Timor Leste, di Pulau Timor.

"Penghargaan diberikan atas pelayanan keimigrasian yang kami lakukan dalam mendukung pelaksanaan beberapa acara penting di Timor Leste," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua KA Halim ketika dikonfirmasi dari di Kupang, Senin.

Ia menyebutkan penghargaan pertama diberikan Kantor Penghubung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dilli di Distrik Oecusse, Timor Leste.

Pelaksanaan acara forum bisnis dan investasi unggulan perbatasan Indonesia-Timor Leste di Oecusse beberapa waktu dianggap berjalan dengan sukses.

Pihak Imigrasi Atambua juga turut berperan dalam membantu melancarkan perlintasan warga melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara.

"Kami melancarkan atau memfasilitasi pemberian paspor RI sebagai dokumen perjalanan ke Timor Leste bagi para peserta dan tamu kenegaraan maupun dari pemda yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Timor Leste," katanya.

Penghargaan kedua, kata Halim, diberikan oleh Kepolisian Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) atas pelayanan keimigrasian di perbatasan yang turut mendukung kelancaran kegiatan pemilihan Presiden Timor Leste beberapa waktu lalu.

Imigrasi Atambua memberikan fasilitas kemudahan keimigrasian bagi para pelintas batas baik pejabat tinggi Timor Leste maupun pejabat atau masyarakat dalam melakukan perlintasan dengan rute Dili-Motaain-Wini-Oecusse dan sebaliknya.

Halim menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang memberikan penghargaan tersebut sebagai bagian dari apresiasi terhadap pelayanan keimigrasian di wilayah perbatasan RI-Timor Leste.

"Penghargaan ini tentu menambah motivasi bagi petugas Imigrasi Atambua untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat," katanya.

Baca juga: Kantor Imigrasi Belu terima sembilan WNI yang dideportasi Timor Leste

Baca juga: Imigrasi Atambua siapkan sarana prasarana VOA di dua PLBNT di NTT

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022