Tangerang (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Banten, akan memantau kondisi kesehatan jamaah haji asal daerah itu selama 14 hari setelah kembali ke Tanah Air.

"Untuk mengontrol jamaah haji yang sudah pulang, akan dilakukan pemantauan kesehatan paling lama 14 hari setelah pulang dari Tanah Suci," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi di Tangerang, Senin.

Menurutnya, dalam proses pemantauan kesehatan para jamaah haji tersebut ditujukan sebagai deteksi dini dari pemerintah daerah terhadap penyakit menular seperti COVID-19 yang berpotensi akan meningkatkan kasus aktif tertular virus corona.

"Nanti kita beri kartu pengendalian penyakit untuk diserahkan kepada puskesmas dalam jangka waktu 14 hari ke depan," tuturnya.

Baca juga: 389 haji Kabupaten Tangerang kembali ke Tanah Air pada Senin (18/7)

Baca juga: Sakit lambung dan jantung, satu jamaah calon haji Tangerang meninggal


Sebelum memantau jamaah haji asal Kabupaten Tangerang yang nantinya tiba di Bandara kedatangan dan diantarkan menuju Debarkasi Pondok Gede, terlebih dahulu dilakukan skrining atau penapisan kesehatan oleh petugas, sebelum dikembalikan ke daerah masing-masing.

"Skrining yang dilakukan nanti itu di Pondok Gede oleh tim kesehatan pelabuhan terhadap semua jamaah haji asal Kabupaten Tangerang," katanya.

Ia menjelaskan apabila saat dilakukan pemeriksaan tersebut ditemukan jamaah haji dengan gejala demam atau menunjukkan potensi penyakit menular maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Kalau seandainya setelah skrining ini tidak dinyatakan lolos, maka jamaah haji itu di karantina dulu di asrama haji Pondok Gede," ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya pun menyarankan agar para jamaah haji nantinya tetap menerapkan pola hidup sehat dan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M, mulai dari penggunaan masker, mencuci tangan hingga mengurangi mobilitas ke tempat keramaian.

Sebanyak 389 jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 05-JKG asal Kabupaten Tangerang, Banten, akan kembali ke Tanah Air melalui Bandara Soekarno-Hatta pada Senin 18 Juli 2022 sekitar pukul 19.45 WIB.

"Kloter JKG-05 asal Kabupaten Tangerang dengan jumlah jamaah utuh sebanyak 389 orang ditambah pendamping empat orang, total jadi 393 orang akan tiba di Tanah Air pada Senin malam," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, H Ade Baijuri di Tangerang pada Ahad.

Ia mengatakan, dari ratusan jamaah haji yang telah menyelesaikan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci Mekkah dan Madinah, Arab Saudi, diantarkan terlebih dahulu menuju Debarkasi Pondok Gede untuk menjalani rangkaian pengecekan administrasi dan pemeriksaan kesehatan oleh petugas.

Kemudian, setelah melalui rangkaian transit dan proses pemeriksaan, jamaah haji tersebut selanjutnya akan diserahkan melalui Kantor Kemenag setempat untuk pemulangan ke daerah masing-masing.

"Estimasi ketibaan di Kabupaten Tangerang pukul 24.00 atau 00.00 WIB," kata dia.*

Baca juga: 879 calon haji Kota Tangerang sudah diberangkatkan

Baca juga: Calon haji Kota Tangerang tersisa 2 kloter yang belum berangkat

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022