Selain pembenahan kualitas tenaga pengajar, PEM Akamigas juga gencar melakukan perbaikan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan belajar guna mencapai status politeknik kelas dunia
Jakarta (ANTARA) - Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas di Cepu, Blora, Jawa Tengah, siap menjadi politeknik dengan status kelas dunia.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian ESDM Prahoro Nurtjahyo dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Selasa, mengatakan saat ini semua program studi sudah terakreditasi dengan baik melalui pembaharuan terakhir pada 2022.

"Dengan kapasitas dosen yang memadai, PEM Akamigas menargetkan akreditasi 'Baik Sekali' sebagai langkah untuk mencapai status kampus dengan akreditasi 'Unggul'. Selain pembenahan kualitas tenaga pengajar, PEM Akamigas juga gencar melakukan perbaikan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan belajar guna mencapai status politeknik kelas dunia," ujarnya saat mewakili Menteri ESDM Arifin Tasrif melaksanakan prosesi wisuda Sarjana Terapan (PEM) Akamigas Tahun 2022 di Graha Oktana PEM Akamigas, Cepu, Jawa Tengah, Senin (18/7/2022).

Pelaksanaan wisuda ke-51 ini diiringi arak-arakan kesenian lokal Barongan sebagai bagian pengenalan kesenian lokal, sekaligus memberikan hiburan bagi mahasiswa PEM Akamigas yang banyak berasal dari luar Blora.

Tercatat 168 wisudawan mengikuti prosesi wisuda dengan protokol kesehatan yang ketat, dengan jumlah peraih predikat cum laude sebanyak 46 wisudawan atau sekitar 27 persen.

Prahoro menambahkan wisudawan PEM Akamigas merupakan tenaga profesional yang kompeten dan siap menghadapi tantangan dunia minyak dan gas bumi.

"PEM Akamigas didirikan untuk pengembangan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia di bidang minyak dan gas bumi dan sebagai respons terhadap kebutuhan tenaga kerja yang terampil dan mumpuni di tingkat nasional serta internasional," ujarnya.

Menurut dia, kualitas wisudawan PEM Akamigas tidak perlu diragukan yang terbukti sejumlah wisudawannya sudah direkrut perusahaan ternama sebelum wisuda dilaksanakan.

Para wisudawan itu antara lain Ali Abdosi Muhammadi Nasution, Farah Muthia Nasution, Azharul Latiful Ahmad, dan Eryko Despriady di PT Schlumberger Indonesia. Selanjutnya, Adiga Putra Alindita dan Khansa Aspi Putri di PT Elnusa Petrofin, Fahmi Habibullah di PT Bumi Persada, dan Hanif Taufiqurrahman di PT ExxonMobil Indonesia dengan status magang.


Baca juga: Politeknik Akamigas selaraskan pendidikan dengan kebutuhan industri
Baca juga: Akamigas Prabumulih siap dibangun 2020
Baca juga: PEM Akamigas gandeng Australia kembangkan SDM bidang energi

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022