Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI sekaligus Presiden Majelis Adat Dayak Nasional Marthin Billa mengapresiasi PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) memberikan kontribusi dan peran yang selama ini mampu memberi dampak signifikan bagi masyarakat dan daerah.

Marthin dalam kunjungannya ke PKT pada Selasa (19/7) menyebut anak perusahaan BUMN PT Pupuk Indonesia (Persero) dinilai telah berperan dalam mendukung pembangunan daerah di berbagai sektor, di samping kontribusi utama mendorong kemajuan pertanian Indonesia melalui penyediaan pupuk yang memadai.

Salah satu hal yang disoroti oleh Marthin, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu, yaitu pengembangan kapasitas sumber daya manusia unggul di Kota Bontang dan Kalimantan Timur. Upaya tersebut diwujudkan melalui program pembinaan dan maupun beasiswa bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu untuk menempuh pendidikan yang lebih layak.

"Termasuk perhatian terhadap masyarakat adat khususnya warga dayak di Bontang dan Kalimantan Timur, PKT merupakan perusahaan yang memberikan kontribusi serta manfaat yang cukup signifikan," kata Marthin Billa.

Marthin berharap komitmen ini dapat terus ditingkatkan PKT untuk ke depan agar pengembangan kapasitas sumber daya manusia unggul dan berdaya saing semakin terwujud, sehingga putra daerah mampu mengambil peran dalam pembangunan secara nyata.

Marthin Billa pun menegaskan warga dayak di Kota Bontang dan Kalimantan Timur akan terus mendukung keberadaan PKT, terlebih dengan sinergi dan kemitraan yang selama ini terjalin merupakan wujud kolaborasi antara masyarakat dayak dengan perusahaan dalam membangun daerah.

"Kami harap kemitraan ini bisa terus diperkuat, baik untuk DAD (Dewan Adat Dayak) Bontang maupun Kaltim. Kami siap membantu dan mendukung PKT untuk terus berkembang, melalui sinergi aktif demi kemajuan daerah dan masyarakat secara umum," kata Marthin Billa.

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kaltim Zainal Arifin menyebut jalinan antara masyarakat adat dayak dengan PKT selama ini terbina baik, melihat kontribusi perusahaan terhadap pengembangan kapasitas SDM yang secara serius memfasilitasi usaha kecil kerajinan dayak, melalui program pembinaan dan pendampingan hingga berdampak terhadap kesejahteraan.

"Silakan dilihat kapasitas dan kemampuannya, jika memenuhi kualifikasi kami harap bisa turut diberdayakan dan begitu pun sebaliknya. Bagi kami, sebuah kebanggaan bisa berkontribusi dalam mendukung dan memajukan aset negara seperti PKT ini," ungkap Zainal Arifin.

SVP Sekretaris Perusahaan PKT Teguh Ismartono menyambut positif dukungan masyarakat adat dayak terhadap keberadaan perusahaan. Dirinya menilai hal ini menjadi semangat serta motivasi PKT untuk terus maju dan berkembang, sehingga mampu memberi manfaat yang jauh lebih besar terhadap pembangunan di Kota Bontang dan Kalimantan Timur.

Terkait program pendidikan dan pengembangan kapasitas SDM lokal, telah menjadi komitmen PKT sebagai agen pembangunan agar daya saing generasi muda di Kota Bontang maupun Kalimantan Timur mampu menjawab tantangan ke depan.

"PKT sangat fokus dalam membina masyarakat, baik di bidang pendidikan melalui beasiswa maupun pembinaan usaha kecil dan sektor lainnya secara optimal. Tidak ada yang kami bedakan, karena manfaat keberadaan PKT harus dirasakan secara merata oleh masyarakat termasuk bagi warga dayak," kata Teguh.

Sesuai amanat Kementerian BUMN agar korporasi terlibat untuk pengembangan usaha di tataran lokal, sejauh ini telah diwujudkan PKT dalam bentuk pembinaan maupun kerjasama pemberdayaan pengusaha lokal di berbagai bidang. Salah satunya melalui program Pasar Digital Pengadaan Barang dan Jasa BUMN (PADI BUMN), yang mengamanahkan agar pengadaan barang dan jasa di lingkungan perusahaan menggandeng sekaligus memberdayakan pelaku UMKM lokal.

"PKT memastikan selalu mendukung pelaku usaha lokal agar lebih berdaya serta mampu berkembang dengan baik. Hal ini menjadi komitmen PKT, sehingga apapun kebutuhan perusahaan terlebih dulu memprioritaskan di tataran lokal," terang Teguh.

 Baca juga: Pupuk Kaltim siap berkompetisi dominasi pasar Asia Pasifik
Baca juga: PKT: Produktivitas sawi putih naik 49 persen berkat NPK Pelangi JOS
Baca juga: PKT gelar tiga program magang cetak SDM andal kompeten

 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022