Kita harus optimis jika Bontang dalam beberapa tahun ke depan bisa menjadi kota unggulan untuk pariwisata daerah dan ekonomi kreatif
Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) mengembangkan wisata dan ekonomi kreatif di Kelurahan Guntung, Kota Bontang, Kalimantan Timur, melalui program Guntung Eco Culture Sport Tourism (GECST), yang berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bontang.

Direktur Keuangan dan Umum PKT Qomaruzzaman dalam keterangannya yang diterima di Kota Banjarmasin, Kalsel, Jumat, mengatakan pembinaan program GECST merupakan keseriusan PKT dalam mendorong pengembangan potensi wisata Kota Bontang, setelah keberhasilan pembinaan program Better Living in Malahing selama lima tahun.

Program Better Living in Malahing yang merupakan pembinaan pengembangan pariwisata dari PKT masuk menjadi 100 destinasi wisata nasional.

Beranjak dari hal tersebut, PKT mengembangkan potensi wisata lainnya melalui program GECST di Kelurahan Guntung, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kaltim, agar pariwisata Bontang semakin tumbuh dan berkembang.

"Program GECST merupakan kesinambungan pembinaan sektor pariwisata yang digagas PKT setelah Better Living in Malahing, dan akan dijalankan dalam lima tahun ke depan," kata Qomaruzzaman.

Dia mengatakan pengembangan potensi wisata budaya dan olahraga pada program GECST juga akan diikuti dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dengan mengedepankan aspek pemberdayaan masyarakat.

Hal ini ditindaklanjuti dengan pembentukan Forum Komunikasi Pengembangan Pariwisata (FKPP) Kelurahan Guntung, sebagai pengelola GECST yang dibekali berbagai keterampilan, di samping itu juga dilakukan penguatan infrastruktur penunjang dan fasilitas wisata.

"Selain pengembangan potensi wisata, masyarakat pun bisa lebih berdaya dengan berbagai keterampilan. Seperti Better Living in Malahing yang kini masyarakatnya bisa mandiri, hal ini juga akan menjadi goals GECST," tambah Qomaruzzaman.

Menurut dia, pengembangan potensi wisata juga menjadi target PKT untuk kesiapan menyambut ibu kota negara (IKN), agar Bontang sebagai kawasan penyangga memiliki destinasi unggulan yang dapat menarik minat wisatawan dan mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap daerah dan pembangunan masyarakat.

"Saat IKN berjalan, maka pariwisata Bontang akan menjadi destinasi nasional. Makanya, kita perlu menyiapkan sejak awal, dan nanti tinggal pengembangan untuk keberlanjutannya. Hal ini disikapi serius PKT agar potensi pariwisata kita menjadi unggulan di Kaltim," kata Qomaruzzaman.

Wali Kota Bontang Basri Rase mengatakan Kelurahan Guntung telah dicanangkan sebagai salah satu kampung adat dan wisata di Kota Bontang yang terus didorong pemerintah untuk dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan.

Adanya pesta adat Erau Pelas Banua yang rutin digelar tiap tahun menjadi potensi Kelurahan Guntung yang bisa dimaksimalkan untuk menarik minat wisatawan.

"Pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan salah satu program prioritas Pemkot Bontang, untuk mengoptimalkan potensi daerah. Gayung bersambut, hal ini didukung penuh PKT untuk pengembangan Kelurahan Guntung dengan konsep wisata budaya dan olahraga," kata Basri.

Pemerintah Kota Bontang juga tengah mendorong pertumbuhan UMKM agar mampu menjadi sentra UMKM di Kalimantan Timur. Dia menilai banyak potensi yang bisa dikembangkan, baik dari sektor makanan dan minuman olahan, kerajinan batik hingga sepatu dan tas lokal yang mulai diseriusi pelaku UMKM lokal Bontang.

"Upaya ini juga kami lihat dari PKT, yang selama ini banyak membina pelaku UMKM di berbagai bidang. Salah satunya batik lokal yang juga dikembangkan untuk kemandirian warga Malahing, hingga kini bisa memproduksi sendiri dengan kualitas yang sangat baik," katanya.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengapresiasi langkah PKT dalam mendorong pengembangan potensi wisata daerah yang direalisasikan melalui Guntung Eco Culture Sport Tourism dan Better Living in Malahing.

Menurut dia, pengembangan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif sudah sepatutnya dikembangkan sejak dini, melalui kolaborasi multipihak seperti halnya PKT dengan Pemkot Bontang.

"Dari kolaborasi ini, kita harus optimis jika Bontang dalam beberapa tahun ke depan bisa menjadi kota unggulan untuk pariwisata daerah dan ekonomi kreatif," ujar Hetifah.

Baca juga: PKT gelar tiga program magang cetak SDM andal kompeten
Baca juga: PKT fasilitasi pengurusan sertifikat halal UMKM binaan
Baca juga: PKT gelar sertifikasi menyelam untuk nelayan binaan

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022