Jakarta (ANTARA) - Pengusaha Indonesia diundang untuk bisa menghadiri K 2022 Düsseldorf, sebuah pameran perdagangan global industri plastik dan karet, guna bisa mendukung model ekonomi sirkular.

Executive Director Trade Fairs Messe Düsseldorf Petra Cullmann mengatakan Pameran K 2022 mengangkat tiga tema besar yakni ekonomi sirkular, perlindungan iklim, dan digitalisasi.

"K 2022 hadir pada saat yang tepat untuk memberikan orientasi baru bagi industri plastik dan karet setelah perubahan akibat dari pandemi COVID-19," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Petra mengatakan K 2022 akan memberikan bukti kuat bahwa industri plastik dan karet sungguh-sungguh memikul tanggung jawab dan plastik di masa depan akan menjadi bagian dari solusi, bukan menjadi bagian daripada masalah.

"Tanpa plastik, pengelolaan iklim dunia yang cermat tidak akan mungkin terjadi. Plastik adalah pendukung untuk konstruksi ringan, e-mobilitas, pemanfaatan energi angin dan matahari. Di sinilah peranan ekonomi sirkular sangat penting, sementara digitalisasi adalah faktor yang sangat diperlukan untuk transparansi dan efisiensi sumber daya," katanya.

Baca juga: Pakar: Ekonomi sirkular solusi atasi persoalan sampah plastik nasional

Ekonomi sirkular merupakan model industri baru yang berfokus pada reducing, reusing, recycling, recovery, dan repair yang mengarah pada pengurangan konsumsi sumber daya primer dan produksi limbah.

Pemerintah Indonesia juga aktif mempromosikan ekonomi sirkular, misalnya terkait implementasi program Proper oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan industri hijau oleh Kementerian Perindustrian. 

Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Aromatik, Olefin, dan Plastik Indonesia (Inaplas) Fajar Budiyono mendukung industri plastik yang efisien dan bertanggung jawab. Namun, ia berharap pemerintah juga mendukung dari sisi perpajakan.

Pameran K yang digelar setiap tiga tahun di Düsseldorf merupakan platform bisnis yang paling ditunggu-tunggu oleh para pelaku industri plastik dan karet. Pameran itu juga menjadi tempat pertemuan paling penting di dunia untuk industri plastik dan karet terus berlanjut hingga hari ini.

Sekitar 3.300 perusahaan dari 63 negara telah memberikan kepastian akan menghadirkan inovasi untuk penggunaan plastik yang efisien dan bertanggung jawab pada pameran K 2022 akan digelar di Düsseldorf, Jerman, pada 19-26 Oktober 2022 mendatang.

Baca juga: Kemenperin apresiasi industri semen dan plastik patuhi prokes
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022