Solo (ANTARA) - Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka memastikan kesiapan Stadion Manahan Solo untuk pembukaan ASEAN Para Games (APG) 2022.

Pada kunjungannya di Stadion Manahan Solo, Jumat Gibran mengatakan saat ini panggung untuk para penampil sudah mulai didirikan di sisi utara dalam stadion.

"Sisi utara panggung semua, ini kursi tribun sudah mulai dicopoti," katanya.

Baca juga: Inaspoc siapkan penerbangan langsung ke Solo untuk ASEAN Para Games

Ia mengatakan beberapa acara yang akan ada pada upacara pembukaan di antaranya penampilan penari dan acara serominial.

"Seperti pidato sambutan, pengibaran bendera, sumpah atlet, para atlet dari semua negara peserta nanti mengelilingi lapangan," katanya.

Disinggung mengenai kedatangan Presiden Jokowi pada pembukaan APG 2022, ia mengatakan, belum dapat dipastikan dalam waktu dekat.

"Belum tahu (datang atau tidak), saya konfirmasi minggu depan ya. Kami sudah bersurat, kami konfirmasi lagi minggu depan untuk kedatangan tamu VIP," katanya.

Selanjutnya, mengenai mekanisme penonton pada upacara pembukaan, Gibran mengatakan, akan diterapkan sistem undangan.

Baca juga: Menpora rakor dengan INASPOC bahas persiapan seremonial APG

"Undangan untuk masyarakat umum semua, nanti ada juga dari pihak sponsor, forkompinda. (Masyarakat umum) yang tidak kebagian di acara opening ya diundang di closing. Kapasitasnya besar, kalau bisa nambah ya ditambah," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Project Director Opening Closing Ceremony (OCC) APG 2022 Debora Sharen mengatakan persiapan pembukaan tersebut sudah dilakukan sejak awal minggu ini.

"Persiapan kami sudah jalan, timeline aman. Yang pasti nanti harus mengangkat kebudayaan lokal dan banyak yang akan terlibat," katanya.

Ia mengatakan proses produksi untuk persiapan tersebut ditargetkan selesai sebelum 28 Juli 2022.

"Nanti 28 Juli masuknya sudah di pertunjukan, produksi sudah selesai. Panggung utama bukan hanya stage namun seluruh area tribun akan kami jadikan panggung. Kami diminta buat yang beda dari perhelatan yang biasa ada," katanya.

Baca juga: INASPOC akan libatkan banyak seniman lokal pada pembukaan APG 2022
Baca juga: Penyelenggara ASEAN Para Games 2022 buka pendaftaran sukarelawan

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022