Batam (ANTARA) - Perusahaan asal Singapura, Data Center First memulai pembangunan pusat data Nongsa One seluas 2,57 hektare di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa, Nongsa Digital Park (NDP) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Chief Executive Data Center First, Ka Vin Wong dalam keterangan tertulis di Batam, Senin, mengatakan fase satu dari kompleks tersebut akan diisi bangunan dua lantai berkapasitas 6 MW IT critical load dengan total luas bangunan gross 6.084,6 m2 serta konfigurasi empat aula pusat data.

"Peletakan batu pertama ini akan dapat merealisasikan potensi strategi bisnis ICT yakni strategi near-shoring untuk ekonomi digital Indonesia dan Singapura. Ini sangat menarik dan akan menjadi percepatan untuk kesempatan bertumbuh di regional, sejalan dengan ekonomi dunia yang terus menemukan peluang pertumbuhan baru pasca pandemi," kata Wong.

Menurut rencana, Nongsa One siap menyediakan platform yang dapat memperluas kesempatan untuk konektivitas antara Singapura Hub dan Jakarta Hub, yang nantinya menghubungkan regional ini dengan Indonesia dan sebaliknya.

Baca juga: Menparekraf dukung KEK Nongsa Digital Park dengan semangat 3G

Wong juga memastikan Nongsa One di NDP akan menjadi era baru bagi kolaborasi internasional. Bahkan para pelaku bisnis digital di Jakarta bisa memanfaatkan infrastruktur kelas dunia untuk berekspansi ke arah Barat Sumatera, dengan aset digital yang dimiliki tetap terlindungi dari risiko bencana alam.

Kondisi serupa juga berlaku bagi pebisnis dan pelaku digital di Singapura yang nantinya dapat lebih cepat mengakses 273,5 juta digital natives di pasar Indonesia.

"Data Center First memiliki keamanan konektivitas terkini dari tiga penyedia kabel bawah laut, dua provider jasa jaringan internasional dan dua ISP, yang menghubungkan Singapura ke Jakarta melalui NDP di Data Center First Nongsa One," ujar Wong.

Saat ini, perkembangan ekonomi digital di Jakarta dipicu oleh industri telekomunikasi dan teknologi Informasi dan komunikasi yang kompetitif. Oleh karena itu, Data Center First Nongsa One akan mendukung perkembangan dunia ekonomi digital ini dengan menjadi basis Jembatan Digital antara Indonesia dan Singapura.

Baca juga: Data Centre First luncurkan pusat data 30 MW di KEK Nongsa

Baca juga: Telkom pastikan pengembangan pusat data jadi tantangan bisnis ke depan

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022