DIY sebagai salah satu barometer Hipmi nasional di bidang pariwisata, harapannya setelah pandemi ini kegiatan ekonomi dan pariwisata di Yogyakarta mampu bangkit.
Bantul (ANTARA) - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) mendukung upaya pemerintah membangkitkan sektor ekonomi dan pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta melalui kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan di DIY.

"DIY sebagai salah satu barometer Hipmi nasional di bidang pariwisata, harapannya setelah pandemi ini kegiatan ekonomi dan pariwisata di Yogyakarta mampu bangkit," kata Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi Bagas Adhadirga seusai menghadiri Rakerda Hipmi DIY di Kabupaten Bantul, Senin.

Dia mengatakan, upaya tersebut dilakukan karena organisasi independen nonpartisan para pengusaha muda Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian ini merupakan mitra pemerintah dan telah terbentuk di semua kabupaten dan provinsi.

"Dengan tugas utamanya adalah menyukseskan kegiatan ekonomi kita di daerah masing-masing," katanya.

Baca juga: Presiden Timor Leste apresiasi kemajuan pariwisata NTT

Dia menargetkan, event-event tingkat nasional maupun internasional yang digagas Hipmi bersama pemerintah daerah akan semakin banyak di wilayah DIY.

"Dengan demikian okupansi hotel dan restoran maupun kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pariwisata meningkat drastis ke depan," katanya.

Dengan demikian DIY akan menjadi barometer kebangkitan ekonomi dan pariwisata karena provinsi ini mempunyai keistimewaan, memiliki sumber daya manusia yang unggul.

"Produk-produk ekonomi kreatif DIY sudah disalurkan ke seluruh Indonesia, dan rata rata produk dari Yogyakarta, jadi kenapa tidak, dengan tampilan produk yang cukup baik ini kita buka di sini," katanya.

Baca juga: Hipmi Jaya dan Kadin DKI diskusi rekomendasikan Jakarta pusat bisnis

Sementara itu, Ketua Hipmi DIY Aditya Bima Santosa mengatakan, pada hari yang sama digelar tiga kegiatan yaitu Rakerda, Forum Bisnis, dan Expo Pemuda BPD Hipmi DIY. Untuk expo sendiri digelar selama dua hari pada 25 dan 26 Juli dengan 50 stan UKM binaan Hipmi dan pemkab.

"Melalui kegiatan ini saya berharap dan dapat mendorong teman-teman dari BPC kabupaten dan provinsi agar lebih semangat lagi membangun perekonomian dan mendukung sektor pariwisata seusai pandemi COVID-19," katanya.

Dia mengatakan, selain Expo Pemuda, pihaknya dalam waktu dekat akan mengadakan kegiatan Jambore Hipmi Nasional yang mengundang sekitar 3.000 sampai 5.000 peserta dari pengusaha muda se-Indonesia di Yogyakarta.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022