Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPUKM) Jakarta Timur melalui Tempat Kumpul Kreatif (TKK) mengadakan pelatihan bagi warga mengenai pemanfaatan sampah organik di Pondok Ranggon.

Pelatihan yang bertemakan "Eco Enzyme" ini bertujuan agar masyarakat dapat memanfaatkan sampah organik yang dihasilkan dari rumah tangga, seperti sisa sayuran, buah-buahan dan sebagainya.

Baca juga: Larva ajaib pengurai sampah organik

“Kegiatan Eco Enzyme ini tujuannya adalah bagaimana kita mengolah limbah jadi sesuatu yang bermanfaat dan lebih banyak fungsinya,” kata Manajer TKK Jakarta Timur wilayah Pondok Ranggon dan Ciracas Budi Rahmanto saat ditemui ANTARA di Jakarta, Selasa.

Budi juga menambahkan kegiatan Eco Enzyme ini sangat berguna untuk masyarakat karena limbah lain yang bisa dimanfaatkan, misalkan pembersih udara, mencuci pakaian bahkan untuk luka pada bagian luar.

Salah satu peserta pelatihan, Ahmad yang datang dari wilayah Condet juga mengaku terbantu kegiatan tersebut karena mendapatkan ilmu baru.

“Kebetulan saya baru mau masuk kuliah di jurusan Biologi, jadi acara ini sangat berkaitan dengan ilmu yang akan saya pelajari nanti di kuliah,” ujar Ahmad.

Baca juga: Pemprov DKI dukung pengolahan sampah organik agar Jakarta lebih bersih

Peserta lain, Lita juga menambahkan selain mendapatkan ilmu baru juga produk hasil Eco Enzyme ini bisa membuka peluang usaha baru.

“Lumayan, buat inspirasi usaha sampingan dan modalnya juga hampir tidak ada,” ucap Lita peserta dari wilayah Ciracas.

Diketahui, TKK berdiri sejak 2019 di seluruh wilayah kota Jakarta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan industri kreatif sekarang ini.

TKK juga memiliki program bagi startup ataupun UKM untuk berbagi ilmu dan kemampuan agar masyarakat memiliki inovasi yang dapat dikembangkan dalam usahanya dengan didukung dengan fasilitas penunjang yang tersedia di TKK.

Baca juga: UP beri pelatihan pembuatan eco enzym dari sampah organik

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022